UPA Prodi Administrasi Perkantoran Belajar Mengenai Mind Mapping

0 28

Jakarta Bsi-News

Pada Hari Senin, 24 Agustus 2020, Unit Pengembangan Akademik (UPA) Program Studi Administrasi Perkantoran menyelenggarakan Kegiatan “Pelatihan Mind Mapping dalam Membuat Bahan Ajar Dengan Menggunakan Aplikasi Xmind”. Kegiatan ini memanfaatkan zoom meeting sebagai media interaksi antara narasumber dan peserta. Meskipun berlangsung via daring kegiatan pelatihan berjalan dengan baik dan lancar. Peserta pelatihan merupakan anggota UPA Prodi Administrasi Perkantoran yang merupakan dosen penanggungjawab mata kuliah.

“Kegiatan ini bertujuan supaya dosen mampu membuat dan menyajikan bahan ajar yang menarik serta mudah dipahami oleh mahasiswa. Pembelajaran via daring menuntut dosen untuk kreatif dan inovatif serta memanfaatkan teknologi informasi yang ada sehingga pembelajaran menarik, interaktif dan tidak monoton” ujar Idah Yuniasih selaku Kaprodi Administrasi Perkantoran dalam sambutannya

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Astrilyana M.Kom, Beliau merupakan Dosen Universitas Bina Sarana Informatika. Ibu Astrilyana menyampaikan mengenai Pengertian Mind Mapping yang dapat memetakan pikiran yang kreatif dan efektif serta memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak baik belahan otak kanan atau belahan otak kiri yang terdapat di dalam diri seseorang. Ibu Astrilyana juga menjelaskan Manfaat Mind Mapping yang dapat memudahkan dalam pembuatan bahan ajar.

Setelah pemaparan teori Ibu Astrilyana mendemokan Penggunaan Aplikasi Xmind dari mulai install aplikasi dan penggunaan fitur aplikasi Xmind. Peserta pelatihan antusias dikarenakan mereka memahami manfaat dari mind mapping itu sendiri hanya saja kesulitan dalam menyajikan mind mapping dengan baik. Dengan adanya aplikasi Xmind peserta dimudahkan untuk membuat suatu konsep bahan ajar yang ringkas, menarik dan mudah dipahami.

Acara berakhir sekitar pukul 15.00 dan diakhiri dengan photo bersama. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memudahkan para dosen untuk membuat bahan ajar dan dapat menerapkan dengan baik. (SHL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.