Sinergi Model Pembelajaran Daring pada Persamaan Persepsi Mata Kuliah Program Studi Sistem Informasi

0 19

Jakarta Bsi-News

Senin, 31 Agustus 2020 telah dilakukan pertemuan persepsi matakuliah secara daring antara dosen-dosen pengajar dengan pengampu mata kuliah Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika. Tepat pada pukul 10.30 melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, persamaan persepsi khusunya untuk matakuliah Web Programming II yang dibuka oleh Ibu Nining Suryani, M. Kom selaku moderator, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Program Studi Sistem Informasi Bapak Sriyadi, M. Kom dan dilanjutan oleh Bapak Imam Nawawi, M. Kom selaku pembicara. Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika berlangsung selama satu jam setengah ini di ikuti oleh 61 peserta, terdiri dari dosen-dosen pengajar mata kuliah web programming II baik dari dalam maupun luar wilayah Jakarta. Acara ini bertujuan untuk membahas dan mendiskusikan serta menyamakan persepsi matakuliah khususnya sinergi model pembelajran daring untuk matakuliah Web Programming II.

Materi yang dipaparkan oleh Bapak Imam Nawawi M. Kom salah satunya berkaitan dengan materi perkuliahan Web Programming II dan mekanisme pembuatan tugas projek secara kelompok oleh mahasiswa. Antusiasisme peserta yang sangat baik terlihat dari banyaknya pertanyaan dan saran yang diajukan oleh peserta kegiatan. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta antara lain dari Bapak Reza Maulana yaitu apakah metode yang digunakan untuk mengajar live coding via zoom, atau membuat video tutorial step by step via youtube nanti di share ke grup kelas, sedangkan pertanyaan dari Alif Rizqi Mulyawan yaitu apakah project web kelompok harus transformasi dari web native  atau di perbolehkan langsung develop menggunakan framework CI, dan pertanyaan dari Bapak Sopian Aji yaitu umumya penyedia hosting menggunakan platform linux, sehingga pemanggilan control  tidak bisa karena case sensitive sebaiknya pemanggilan disesuaikan, mengapa pada saat pembuatan projek tidak menampilkan oopnnya, sehingga tidak terlihat di sequence diagram, penerapan untuk uml harus disesuaikan dengan prakteknya dan untuk crud sebaiknya jangan langsung  ke template, sebaiknya langsung ke menggunakan crud dan model mvcnya. Selain pertanyaan ada juga saran yang diberikan oleh dosen diantaranya oleh Bapak Husni Faqih, apapun model pembelajaran daring yang digunakan tetap membutuhkan interaksi dosen dan mahasiswa supaya KBM tetap dapat berjalan dengan baik, baik LMS yang disediakan oleh UBSI maupun WAG matakuliah yang bapak/ibu yang create nantinya

Setelah pemaparan, diskusi dan tanya jawab,  acara ditutup dengan sesi foto bersama secara daring. Diharapkan dengan adanya pertemuan persamaan persepsi matakuliah web programming II ini dosen-dosen pengajar  mata kuliah Web Programming II dapat meminimalisir gap dan mensinergikan model pembelajaran daring yang akan di laksanakan dalam kegiatan belajar mengajar nantinya.(Nining)

Leave A Reply

Your email address will not be published.