Workshop Strategi Perencanaan Dan Pemasaran Program Televisi Di Tengah Persaingan Media Digital 4.0

0 50

Jakarta Bsi-News

Senin, 31 Agustus 2020 Prodi Penyiaran dan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan Workshop Strategi Perencanaan dan Pemasaran Program Televisi di tengah Persaingan Media Digital di Era 4.0. Kegiatan Workshop dibuka langsung oleh Kaprodi Penyiaran, Bapak A.Munanjar serta diisi oleh narasumber, Mas Hari Santana Siahaan, seorang produser dan creative direcktor. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan melalui online zoom dan dihadiri oleh peserta dari kalangan dosen prodi penyiaran universitas bina sarana informatika.

Kegiatan Workshop ini memaparkan bagaimanan merencanakan dan memasarkan program/konten yang baik dan menarik bagi industri pertelevisian ataupun industry digital di era 4.0. Pada era ini tentunya pengembangan serta pembuatan konsep-konsep konten yang sesuia dengan kebutuhan industri media teristerial dan media digital tentunya sangatlah penting.  Tren,  isu, dan pemberitaan terkini dapat menjadi sebuah konten yang dapat dijadikan sebagai strategi perencanaan konten. Selain itu penentuan skema pada setiap acara tentunya juga dikaitkan dengan jenjang waktu, sehingga konten-konten yang disiarkan baik melalui media televisi ataupun digital tidak menjadi basi atau kadaluarsa. Media televisi ataupun digital harus selalu mengikuti perkembangan terkini.

Menganalisa target audiens serta manfaat yang didapat pada setiap konten yang ada juga perlu diperhatikan sebagai guna manfaat bagi para penggunanya. Tentunya hal tersebut harus direncanakan serta dibuatkan strategi yang apik dan menarik hati setiap penggunanya. Strategi pembuatan program yang sederhanapun harus direncanakan dengan baik. Diantaranya melihat target audiens dalam konten yang dibuat merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, selain itu desain yang unik serta menarik yang sesuai dengan isi konten menjadi salah satu poin pendukung dalam sebuah strategi pemasaran program. Lalu promosi serta pencarian sponsor menjadi pelengkap dari rangkaian strategi perencanaan dan pemasaran dalam sebuah industri televisi ataupun digital di era 4.0 ini.

Kegiatan workshop ini  berjalan dengan baik dan lancar dengan kerjasama dan sharing interaktif dari narasumber dan peserta workshop, adapun berjalannya kegiatan workshop ini diharapkan menjadi salah satu tambahan ilmu yang tentunya dapat digunakan dan diaplikasikan oleh para peserta yang bertugas sebagai dosen dan bisa dikembangkan pada saat pengajaran. Kegiatan workshop ini ditutup oleh Kaprodi Penyiaran dengan menambahkan beberapa point yang sudah dijelaskan dari narasumber dan berfoto bersama secara virtual dengan narasumber serta peserta workshop. (LRS)  

Leave A Reply

Your email address will not be published.