MENGHASILKAN OUTPUT PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS MELALUI PERSAMAAN PERSEPSI

0 94

PROGRAM STUDI HUBUNGAN MASYARAKAT

Jakarta Bsi-News

Bertepatan dengan akan diadakannya perkuliahan di semester ganjil 2020, Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan pertemuan persamaan persepsi mata kuliah workshop via zoom video conference pada Kamis, 04 September 2020 pukul 10.00-12.00. Kegiatan ini dihadiri oleh 27 dosen-dosen Program Studi Hubungan Masyarakat yang pada semester ini mengajar mata kuliah workshop.

Kewajiban sebagai seorang dosen sudah pasti menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yang diantaranya pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam bidang pengajaran, seorang dosen diharapkan memiliki kemampuan untuk mengajar mata kuliah yang bersifat teori dan workshop (praktek). Program studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika memiliki beberapa matakuliah yang berbentuk workshop sehingga tidak adanya Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS) secara online. Output UTS dan UAS dalam matakuliah workshop berupa pembuatan karya baik yang bersifat perancangan maupun presentasi untuk public speaking.

Dalam kegiatan persamaan persepsi mata kuliah workshop kali ini sambutan diwakilkan oleh Dr. Fifit Fitriansyah, M.Pd  “pentingnya persamaan persepsi matakuliah workshop kali ini dalam menghasilkan output pembelajaran yang berkualitas melalui pemahaman yang selaras antara dosen yang satu dengan yang lainnya”. Sedangkan moderator pada acara persamaan persepsi matakuliah workshop kali ini ialah Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si.

Pembahasan materi mata kuliah workshop diawali oleh Dr. Fifit Fitriansyah, M.Pd yang memaparkan mengenai mata kuliah Penulisan Public Relations 2 (PNPR 2) dan Marketing Public Relations (MPR). Dimana pada mata kuliah PNPR 2 output yang akan dihasilkan berupa pembuatan artikel, company profile, iklan dan newsletter. Sedangkan pada matakuliah Marketing PR yang dilakukan ialah melakukan riset di perusahaan atau melakukan analisa media massa terkait fenomena yang ada di masyarakat dan kemudian merancang perencanaan program Mrketing PR yang disertai dengan menyertakan bukti riset baik berupa surat keterangan riset ataupun screenshot media yang dianalisa.

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Intan Leliana, S.Sos., MM pada mata kuliah Dasar-dasar Jurnalistik dan Digital Public Relations. Dalam mata kuliah Dasar-dasar Jurnalistik penugasan melalui media online dengan output berita, artikel, feature dan surat pembaca. Sedangkan pada Digital Public Relations Membuat konten atau materi yang bersifat edukatif dan informatif yang kemudian mahasiswa share di instagram serta membuat blog corporate sebagai sarana image building.

Pemaparan terakhir disampaikan oleh Christoper Yudha Erlangga, S.I.Kom., MM pada mata kuliah Corporate Social Responsibility (CSR), dimana dalam mata kuliah ini penugasan karya dalam bentuk perancangan program CSR suatu perusahaan yang dipaparkan secara detail dan sistematis.

Walaupun berlangsung secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom, namun kegiatan persamaan persepsi mata kuliah workshop Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika ini berjalan dengan baik. Serta tidak mengurangi antusiasme para peserta untuk bertanya. Acara persamaan persepsi mata kuliah workshop di akhiri dengan sesi foto bersama. (dpk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.