Peningkatan Prestasi Mahasiswa Melalui Kreativitas dan Inovasi Bidang Elektronika dan Otomasi di Masa Pendemi Covid-19

0 62

Webinar UBSI Prodi Teknik Elektro

Jakarta Bsi-News

Rabu, 2 September 2020 telah terselenggara acara webinar program studi Teknik Elektro Universitas Bina Sarana Informatika dengan tema Peningkatan Prestasi Mahasiswa Melalui Krestivitas dan Inovasi Bidang Elektronika dan Otomasi di Masa Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom yang diikuti oleh lebih dari 50 peserta.

Pada acara ini di moderatori oleh Bapak Martias, S.Pd, MT sebagai staf prodi Teknik Elektro yang membuka acara ini pada pukul 13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ibu Diah Puspitasari M.Kom selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik. Webinar ini menghadirkan Bapak Suryanto, ST., M.Kom  selaku Kaprodi Teknik Elektro UBSI sebagai narasumber.

Dalam paparan materi yang disampaikan, Suryanto melihat kondisi pandami covid-19 yang menyebabkan gerak dan aktifitas menjadi seperti terbatas. Namun sebenarnya walaupun dalam masa pandemi kreatifitas dan inovasi harus tetap ditingkatkan, sehingga prestasi tetap juga dapat tetap tercapai, hal ini lah yang melatar belakangi acara ini sangat perlu untuk diadakan.

“Pandemi Covid 19, disatu sisi menjadi tantangan hidup tetapi di sisi lain juga menjadi ajang kreativitas terkait dengan kondisi yang disebabkan oleh pandemi ini. Untuk itu Mahasiswa dapat menghadirkan inovasi baru yang sesuai dengan kebutuhan baru di tengah masyarakat masa covid-19 ini. Dan mahasiswa dapat meningkatkan kepekaan dalam mencari peluang-peluang inovasi baru yang bisa berupa produk maupun layanan baru atau nilai tambah baru yang menjawab kebutuhan baru di masyarakat.” Ujar Suryanto

Suryanto menambahkan,  Kreativitas merupakan bagian tak terpisahkan dari pemikiran sivitas akademika kampus terutama mahasiswa. Sebagai bagian dari komunitas akademik, dosen dan mahasiswa haruslah kreatif dan inovatif. Proses pendidikan seyogyanya membangun kreativitas dan inovasi dosen dan mahasiswa. Kreatif dalam menemukan ide baru dan inovatif dalam mencari cara-cara baru untuk mensiasati permasalahan yang ada.

“Untuk itu perlu Keterbukaan akan pemikiran/ide hal-hal yang baru , Kemampuan untuk memecahkan masalah, Keberanian untuk berfikir dan bertindak berbeda serta mengambil resiko, Adanya curiosity (kepenasaranan), inquisitive (keinginan untuk menyelidiki), serta kemauan untuk bekerja keras dalam mencapai peningkatan kreativitas, inovasi, dan prestasi” tutur Suryanto.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa  ke depan peningkatan prestasi dapat dilakukan dengan melakukan beberapa cara, salah satunya mengikuti kompetisi sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk berkreasi serta berinovasi diantanya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasidan Komunikasi), KRI (Kontes Robot Indonesia) dan masih banyak wadah lainnya yang dapat diikuti.

Diharapkan dengan adanya partisipasi pada kontes atau kompetisi sebagai wadah berkreasi yang sudah dibahas sebelumnya, dapat menjadikan mahasiswa maupun dosen penelitian semakin kreatif membuat inovasi sistem elektronika cerdas lainnya. Sehingga perkembangan elektronika dan otomasi seperti robotika bisa lebih berkembang. Khususnya prestasi dibidang eleketronika dan otomasi sangat bermanfaat bagi peneliti itu sendiri, juga pada peningkatan reputasi dan akreditasi perguruan tinggi, tutup Suryanto.

Leave A Reply

Your email address will not be published.