Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Melalui Workshop TOEFL

0 151

Dosen Prodi Humas UBSI

Jakarta Bsi-News

Kemampuan berbahasa Asing merupakan salah satu modal yang wajib dimiliki, tak terkecuali dosen. Melalui kegiatan Workshop TOEFL, Dosen Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika mencoba kembali mengasah kemampuan berbahasa Inggris, 04 September 2020.

Kegiatan Workshop TOEFL dengan tema “How to Improve our English with TOEFL Practiceadalah sebagai salah satu upaya Prodi Humas UBSI dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi para dosen. Sebab bahasa merupakan salah satu alat komunikasi primer dalam menyampaikan ide dan  gagasan, tak terkecuali dengan bahasa asing. Bagi dosen, kemampuan berbahasa Inggris merupakan kewajiban yang harus dimiliki, sebab kompetensi tersebut adalah sebagai modal dalam mengajar, menulis jurnal bereputasi internasional, sebagai bahan melanjutkan studi ke jejang Doktoral serta sebagai bekal dalam persiapan sertifikasi dosen.

Melalui penguasaan bahasa Inggris yang baik, dosen akan mampu bersaing dan menghasilkan karya tulis yang mampu diterima kalangan internasional. Mr. Jimmy, M.Pd yang bertindak sebagai Coach pada kegiatan tersebut, menuturkan bahwa dengan berbahasa Inggris maka dosen akan mampu membuka peluang untuk memperoleh kesempatan kuliah di luar negeri. Tidak hanya menyampaikan materi, Coach Jimmy juga memberikan beberapa contoh test dan trik dalam menjawab TOEFL secara mudah.

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam tersebut yakni dimulai pukul 09.00-11.00 wib, melalui Zoom Meeting Conference ini, mengundang antusiasme para dosen dalam mengikuti kegiatan. Selaku Moderator acara yakni Dr. Fifit Fitriansyah, M.Pd juga memberikan kesimpulan diakhir kegiatan bahwa Dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, maka akan dengan mudah bagi Dosen dalam bersaing dan melakukan studi Lanjut ke jenjang Doktoral baik melalui program Beasiswa LPDP maupun BPP-LN.

Ita Suryani, S.Sos., M.I.Kom Selaku Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat UBSI, memaparkan bahwa kegiatan ini dapat dilaksanakan setidaknya satu kali dalam satu semester, dan berkeinginan untuk dilakukan secara berkelanjutan hingga dosen memiliki kompetensi bahasa Inggris yang baik.

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan Workshop TOEFL ini menjadikan saya lebih bersemangat dalam mengasah kemampuan berbahasa asing, saya juga memiliki keinginan memperoleh beasiswa untuk Studi Lanjut S3” Ujar Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si sebagai salah satu peserta kegiatan workshop. (FFY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.