Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Technopreneurship Pada Karang Taruna

0 85

Jakarta Bsi-News

Universita Bina Sarana Informatika dalam hal ini Dosen Fakultas Teknik dan informatika Program Studi Sistem Informasi Akuntansi melakukan pengabdian masyarakat dengan menggunakan media zoom video conference sehingga pelaksanaan pengabdian pada masyarakat tetep berjalan ditengah kondisi Covid 19 dengan tetap memenuhi aturan social distancing, hal ini sesuai dengan arahan pemerintah.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada tanggal 12 September 2020, kegitan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan berbasis technopreneurship, peserta pelatihan dari karangtaruna RW 01 Pinangsia jakarta Barat. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh ketua pelaksana Devy Sofyanty, kemudia dilanjutkan penyampaian materi oleh tutor Ahmad Fauzi.

Dalam sambutannyaDevy Sofyanty, selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa  Technopreneurship mengacu pada pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan wirausaha. Jenis wirausaha dalam pengertian technopreneurship disini tidak hanya dibatasi pada wirausaha teknologi informasi, seperti vendor IT, web hosting, atau web design, tetapi segala jenis usaha, seperti, pertanian, retail, restaurant,  kerajinan tangan, ataupun meubel. Pemanfaatan teknologi informasi yg dimaksud disini adalah pemakaian internet untuk memasarkan prodak seperti dalam  e-commerse.

Pengabdian masyarakat meski tidak secara langsung tetap berlangsung dengan kondusif. Tutor menjelaskan tentang kewirausahaan berbasis technopreneurship. Teknologi enterpreneurship merupakan wirausaha berbasis teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam wirausaha adalah pemanfaatan program khusus atau software untuk memangkas biaya produksi dan kegiatan oprasional sehingga lebih efisisen, misalnya penggunaan prangkat lunak tertentu akan mengurangi biaya produksi atau biaya pemasaran bagi perusahaan misalnya perusahaan Meubel, yang sebelumnya, mereka harus membuat prototype dengan membuat kursi sebagai sample dan mengirimkan sample tersebut, maka dengan pemakaian Perangkat Lunak tertentu, perusahaan tersebut tidak perlu mengirimkan sample kursi ke pelanggan, namun hanya menunjukkan desain kursi dalam bentuk soft-copysaja.

Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kewirausahaan berbasis technopreneurship bagi karang Taruna RW 01 Pinangsia Jakarta Barat. Semoga kegiatan ini mampu memberikan manfaat untuk para peserta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.