Manfaat Penggunaan Media Sosial di Saat Pandemi Covid-19

1 2.813

JAKARTA, BSINews – Saat ini peran media sosial memegang peranan penting dalam menyebarkan informasi yang disampaikan kepada public. Namun hal ini tidak terlepas dari penggunaan media tersebut yang dapat menghasilkan hal yang positif maupun negatif.

Tim Digital Marketing (Digima) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), memberi sarana untuk para mahasiswa baru (maba) dengan gelaran Seminar Tematik bertajuk “BSI New Generation: Pilih dan Tentukan Passion mu Sejak Dini, Kuy!“, agar bisa lebih memanfaatkan medsos dari pada menyalahgunakannya. Tentunya ini akan sangat berguna untuk maba, terlebih di masa pandemi Covid-19, penggunaan media sosial pasti meningkat.

Baca Juga: Dosen Universitas BSI, Sosialisasikan Pengaruh Media Sosial dengan Kestabilan Emosi Remaja

“Kami ingin membuka perspektif mahasiswa baru yang mungkin saat ini sudah terbiasa dengan penggunaan media sosial. Namun belum peka terhadap potensi bahaya yang akan ditimbulkan,” kata Rety, ketua Digima Universitas BSI, Selasa (15/9).

“Tapi selain mengangkat potensi yang berbahaya, juga akan mengarahkan pandangan peserta untuk dapat memanfaatkan media sosial sebagai ajang meningkatkan kualitas diri,” tambahnya.

Tema yang diusung adalah “Social Media: Yay or Nay“. Menurut Rety, “Yay or Nay” berarti “Ya atau Tidak”. Ia ingin mengarahkan maba, agar berperan sebagai pemberi manfaat saat menggunakan media sosial.

“Kita terbiasa mendapatkan kalimat, segala sesuatu pasti ada sisi positif dan negatifnya. Tapi jika kita mau sukses di dunia digital yang peluangnya sangat terbuka lebar ini, selalu tempatkan diri kita sebagai subjek. Bukan objek,” papar Rety.

Maba harus bisa lebih peka dan berhati-hati, saat melakukan aktivitas literasi digital. Jika tidak, bukan keberuntungan yang akan didapat melainkan rekam jejak jelek yang dapat merubah nasib baik di masa depan. “Harapannya maba yang mengikuti seminar ini, bisa lebih peka, berhati-hati, dan juga beruntung. Beruntung bisa memanfaatkan kesempatan memperoleh literasi digital yang baik,” jelasnya.

Baca Juga :Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima

Seminar “Social Media: Yay or Nay” akan dilaksanakan secara daring pada Senin tanggal 21 September 2020, dan digelar dalam dua sesi. Sesi pertama pada pukul 09.00 WIB dan sesi kedua dilaksanakan sore hari nya pukul 19.00 WIB. Bagi maba yang ingin mengikuti seminar sosial media, bisa daftar pada link bit.ly/daftar_seminar_tematik20.

“Kuota terbatas, jadi siapa cepat di dapat,” tutup Rety.(RDX)                              

1 Comment
  1. duniaqtoy says

    betull! meningkatkan literasi digital emang perlu banget supaya bisa dengan bijak menggunakan media sosial

Leave A Reply

Your email address will not be published.