Penerapan Metode Belajar Daring Berbasis IT di Tengah Pandemi Covid-19

3 24

Jakarta Bsi-News

Di masa pandemi Covid-19 yang masih merebak di Indonesia, kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan kampus umumnya harus dilakukan secara daring atau online. Hal ini selain memerlukan akses internet yang stabil, juga diperlukan kemampuan dari siswa-siswa untuk bisa menggunakan berbagai platform pembelajaran yang umum digunakan sebagai media pembelajaran di sekolahnya.

Sebagai bentuk pengabdian civitas akademi Universitas Bina Sarana Informatika kepada masyarakat, pada bulan September 2020 Universitas Bina Sarana Informatika menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan metode belajar daring berbasis IT. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu, tanggal 26 dan 27 September 2020 yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh dosen-dosen di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika ini melibatkan warga RT 008/RW 010, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan yang masih berstatus sebagai pelajar SMP hingga SMA, dengan tema kegiatan yaitu Penerapan Metode Belajar Daring Berbasis IT di Tengah Pandemi Covid-19.

Kegiatan pengabdian masyarakat dimulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Bapak Ahmad Al Kaafi, M.Kom sebagai ketua pelaksana. Selanjutnya pelatihan metode belajar daring dipimpin oleh Bapak Husnih Faqih, M.Kom sebagai tutor dan dibantu oleh anggota tutor lainnya yang terdiri dari Hendri Mahmud Nawawi, S.Kom, Riyan Latifahul Hasanah, S.Kom, Muhammad Iqbal, S.Kom, Bayu Wicaksono dan Fatimah.

Pelatihan yang diberikan merupakan cara-cara penggunaan Google Classroom untuk mendukung proses belajar mengajar secara daring. Pelatihan yang diberikan dimulai dari proses paling awal, yaitu login ke Google Classroom, cara bergabung ke kelas, cara melihat tugas dan materi belajar, cara pengumpulan tugas, cara mengisi forum diskusi hingga melihat nilai. Para peserta pelatihan sangat antusias pada materi yang diberikan, sebab masih banyak peserta yang belum mengetahui cara penggunaan Google Classroom. Selama kegiatan berlangsung, peserta cukup aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan dari tutor.

Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize untuk peserta teraktif. Dengan diselenggarakannya pelatihan penggunaan Google Classrom dalam pengabdian masyarakat ini, peserta mendapatkan pengetahuan cara menggunakan platform media belajar online tersebut, sehingga peserta dapat menerapkannya selama kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara online di tengah pandemi Covid-19. (HIW)

3 Comments
  1. WIRNA SYAWAL says

    Belajar dari Gugel

    1. WIRNA SYAWAL says

      Nama WIRNA SYAWAL mahasiswa

  2. WIRNA SYAWAL says

    Daring it bagimana ini ibu

Leave A Reply

Your email address will not be published.