Memaksimalkan Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi

0 449

Jakarta Bsi-News

Ditengah pandemic COVID-19 yang tak kunjung reda, kegiatan belajar mengajar di semua tingkatan harus tetap berjalan agar semua siswa/siswi tetap dapat memperoleh haknya sebagai pelajar, selain itu bagi para guru ataupun pengajar lainnya efektifnya kegiatan belajar mengajar ini juga merupakan salah satu perwujudan visi yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Tak perduli kondisi pandemic yang kian merebak, visi itu harus tetap dijalankan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif kegiatan belajar mengajar agar tetap dapat berjalan secara maksimal yaitu dengan melakukan kegiatan pembelajaran daring.

Kegiatan pembelajaran daring ini biasanya dibantu oleh berbagai macam aplikasi seperti zoom, google meet, ataupun google classroom. Dalam melibatkan beberapa aplikasi pada proses pembelajaran tidak semua pengajar dan siswa dapat menggunakan aplikasi tersebut secara optimal. Oleh karenanya diperlukan pelatihan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan optimal meskipun tidak ada tatap muka secara langsung diantara pengajar dan siswanya.

Dalam rangka mengoptimalkan kegiatan pembelajaran daring melalui berbagai aplikasi tersebut, pada hari Sabtu, 26 September 2020 para civitas akademik dari Universitas Bina Sarana Informatika melaksanakan workshop pembelajaran daring di Yayasan Diniyah Al-Ikhlas Tasikmalaya. Dalam workshop tersebut diberikan beragam materi untuk menggunakan aplikasi pembelajaran daring seperti zoom, google meet, google class dan lain-lain sebagai media pembelajaran kepada para pengajar.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh ibu Ai Ilah Warnilah, ST, M.Kom selaku moderator kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai cara mengoptimalkan aplikasi sebagai media pembelajaran daring yang disampaikan oleh bapak Bambang Kelana Simpony, ST, M.Kom. Setelah pemaparan materi yang berlangsung kurang lebih 60 menit, sesi selanjutnya dilakukan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan peserta juga sangat antusias dlam mengikuti kegiatan ini. Selain antusias para peserta juga mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi dilain kesempatan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena dengan adanya kegiatan ini kami dapat menambah wawasan dan juga mengerti cara mengoptimalkan aplikasi-aplikasi sebagai media pembelajaran daring sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif walaupun tidak bertatap muka secara langsung. Semoga kedepannya bisa berbagi ilmu lagi seperti ini” Ujar Hari selaku salah satu peserta workshop. //RCB

Leave A Reply

Your email address will not be published.