Mewujudkan UMKM Yang Produktif Di Tengah Pandemi Covid 19 Pada Komunitas UMKM

0 155

Jakarta Bsi-News

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penyangga kekuatan perekonomian negara kita. Data dari kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menunjukkan bahwa sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto/PDB dan mampu menyerap tenaga kerja yang sangat banyak. Akan tetapi dimasa Pandemi Covid 19 ini kegiatan UMKM mengalami penurunan yang sangat signifikan. Permasalahan Utama yang banyak dikeluhkan oleh pelaku UMKM adalah penurunan Omzet dari usahanya bahkan ada yang gulung tikar atau merumahkan sebagian pegawai atau karyawannya hanya untuk tetap bertahan. Pandemi Covid 19 memang sangat dirasakan dampaknya dan menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM agar tetap bertahan. Walaupun dengan kondisi sangat sulit, UMKM diharapkan dapat tetap produktif dan mampu memasarkan produknya sehingga UMKM ini mampu menjadi kekuatan penyangga ekonomi nasional dan sebagai tulang punggung dalam menggerakkan ekonomi di negara kita secara dinamis. Upaya untuk mempertahankan agar UMKM bisa suvive dan terus produktif telah dijalankan oleh Komunitas UMKM naik kelas Kota Karawang yang menjadi salah satu binaan dari KADIN. Atas dasar hal tersebut Program Studi Manajemen Pajak Fakultas Ekonomi Universitas Bina Sarana Informatika berkolaborasi dengan Komunitas UMKM Naik Kelas Kota Karawang untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha UMKM untuk tetap bisa produktif di masa pandemi Covid 19.

Sesuai dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di masa Pandemi Covid 19, maka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diadakan menggunakan media aplikasi Zoom pada hari Sabtu, tanggal 03 Oktober 2020 dengan tema “Mewujudkan UMKM Yang Produktif Di Tengah Pandemi Covid 19 Pada Komunitas UMKM Naik Kelas Kota Karawang Jawa Barat”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Bpk. Dwiyatmoko Puji Widodo dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Hartanti dengan dibantu oleh Ibu Ratiyah, Ibu Dinar Riftiasari dan Bpk. Sabil serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi (D-III) Manajemen Pajak Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Putri Aulia Okta Wulandari dan Nadya Salsabila. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 29 orang peserta para pelaku UMKM baik yang berasal dari Komunitas UMKM Naik Kelas Kota Karawang dan Kota-kota lainnya. Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimuai pada pukul 15.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Ibu Eka Dyah Setyaningsih selaku Kaprodi Manajemen Pajak, yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM dapat tetap produktif di masa pandemi Covid 19. Dalam Kegiatan pengabdian ini Ibu Hartanti menjelaskan tentang bagaimana caranya para pelaku UMKM Khususnya yang tergabung dalam Komunitas UMKM Naik Kelas Kota Karawang dapat tetap produktif di masa pandemi Covid 19. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 16.00 WIB

Semoga Pengabdian Masyarakat ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM khususnya Komunitas UMKM Naik Kelas Kota Karawang. (DPW)

Leave A Reply

Your email address will not be published.