Dosen UBSI Berikan Penyuluhan Membuat Surat Resmi

0 43

Depok Bsi-News

Bertepatan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020, Fakultas Teknik dan Informatika Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan Program Pengabdian Masyarakat dengan tema “Penyuluhan Membuat Surat Resmi”.

Pada dasarnya, kegiatan membuat surat bukanlah kegiatan yang awam bagi masyarakat belajar, khususnya untuk anak-anak jenjang sekolah. Di sekolah, baik dari tingkat SD sampai SMA pembelajaran tentang menulis surat selalu ada di silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, kurangnya minat membaca dan memahami pelajaran bagi kaum pelajar membuat siswa sering lupa dengan pelajaran yang sudah berlalu. Ketika siswa diminta untuk mempraktikkan membuat surat, mereka sudah lupa dengan yang sudah dipelajari. Hal tersebut terlihat ketika siswa membuat surat izin  yang dikirimkan untuk gurunya saat siswa berhalangan belajar di sekolah, mereka cenderung menggunakan kata tidak baku sehingga penggunakan kalimat menjadi tidak efektif, penggunaan ejaan yang tidak tepat, begitu pula dengan tata letak unsur-unsur surat yang cenderung tidak tepat dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini dikhawatirkan akan terjadi berkesinambungan sampai siswa memasuki dunia kerja. Setelah lulus sekolah, ada siswa yang melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau memutuskan untuk langsung mencari pekerjaan. Dalam membuat surat lamaran pekerjaan tidak bisa sembarangan, ada aturan yang berlaku di dalamnya. Perusahaan tentu akan berpikir ulang untuk menerimanya menjadi karyawan jika dilihat dari surat lamaran pekerjaannya saja tidak tepat.

Berdasarkan latar belakang tersebut, pelaksanaan pengabdian masyarakat berupaya memberikan penyuluhan berupa sosialisasi mengenai pembuatan surat, khususnya pada surat resmi dan dispesifikan lagi ke surat lamaran pekerjaan. Penyuluhan tersebut dilakukan di Yayasan Panti Asuhan Ar-Ridho, Jl. Caringin No.13 Kp. Kekupu Rt.06/04 Kel. Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Depok.Depok pada tanggal 17 Oktober 2020. Mengingat sedang berlangsungnya social distancing dalam upaya pencegahan penularan virus COVID 19, kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dengan susunan panitia sebagai berikut: 1) Ketua Pelaksana, Bapak Nanang Lidwan, M.A., 2) Tutor, Bapak Suharyanto, M.Kom., 3) Anggota Ibu Tri Kuryanti, M.Pd., dan 4) melibatkan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika, yaitu Muhammad Tamzil Galib.

Sebelum kegiatan penyuluhan, ada serangkaian kegiatan, di antaranya doa pembuka yang dipimpin oleh Bapak Nanang Lidwan, M.A. kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh kepala kampus Universitas Bina Sarana Informatika, Bapak Taat Kuspriyono, S.Sn. M.M. di mana dalam penyampaiannya beliau mengucapkan terima kasih kepada kepala panti asuhan Bapak Andrian Maulana karena di beri kesempatan sebagai mitra dalam penyelenggaraan Pengabdian Masyarakat, dan berharap agar ilmu yang disampaikan nantinya bermanfaat bagi anggota panti Asuhan Ar-Ridho, Depok. Lalu, dilanjutkan penyampaian materi yang di sampaikan oleh Tri Kuryanti, M.Pd dan Suharyanto, M.Kom. dengan penyuluhan Pembuatan Surat Resmi bagi Siswa Panti Asuhan. Pada kesempatan ini juga mitra pengabdian masyarakat berkesembatan mengajak para peserta pengabdian masyarakat agar dapat menulis surat resmi dengan benar sesuai aturan yang berlaku sehingga tidak lagi terjadi kesalahan dalam mengaplikasikannya. Setelah acara penyuluhan selesai, dilanjutkan dengan doa penutup yang kembali dipimpin oleh Bapak Nanang Lidwan, M.A. dan acara pun selesai.

Pada akhir kegiatan pelaksana pengabdian masyarakat, ada penyerahan sumbangan yang dilakukan oleh tim Komunitas Peduli Membaca dalam bentuk pendirian perpustakaan mini dengan tujuan agar siswa panti asuhan menjadi lebih tertarik dan gemar membaca.

Leave A Reply

Your email address will not be published.