Berbagi Ilmu, Dosen UBSI Berikan Penyuluhan Pentingnya Mengelola Kestabilan Arus Kas di Era New Normal

0 15

Jakarta Bsi-News

Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan di dalam pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan di dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. UMKM juga telah terbukti tidak terpengaruh terhadap krisis. Ketika krisis menerpa pada periode 1997-1998, hanya UMKM yang mampu tetap berdiri kokoh. Komunitas UMKM Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19 saat ini menghadapi permasalahan yang cukup pelik terutama dari Segi Keuangan. Hal ini dikarenakan pasar yang lesu akibat dari wabah corona sehingga tidak mampu mendongkrak angka penjualan komunitas UMKM Provinsi DKI Jakarta. Imbasnya besar pasak daripada tiang. Hal ini menyebabkan kesimbangan arus kas terganggu.  Pengelolaan kestabilan arus kas di masa new normal ini merupakan faktor utama yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan UMKM. Kesalahan pengelolaan arus kas UMKM bisa berdampak pada kekurangan dana untuk menjalankan operasional hariannya.Pengelolaan dana yang buruk berakibat UMKM tidak bisa mencegah, mendeteksi, atau mengoreksi kecurangan di UMKM tersebut. Komunitas UMKM Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu komunitas yang membutuhkan pendampingan dan pembinaan dalam segi keuangan terutama dalam menjaga kestabilan arus kas di masa new normal ini agar tidak gulung tikar.

Pengabdian kepada masyarakat yang diberikan berupa penyuluhan keuangan mengenai pentingnya menjaga kestabilan arus kas di masa pandemi dengan tema Pentingnya Mengelola Kestabilan Arus Kas Di Era New Normal  Pada Komunitas UMKN Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan dalam bentuk penyuluhan keuangan dengan menggunakan media Zoom yang diadakan pada tanggal 17 Oktober 2020.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Amin Setio Lestiningsih dan yang bertindak selaku tutor adalah Ibu Ratiyah dengan dibantu Bapak Syamsul Bahri serta 2 (dua) orang mahasiswa dari Program Studi (S1) Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Nida Salsabila dan Tiara Yuliyana Natasia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diikuti oleh 17 orang peserta para pelaku UMKM baik yang berasal dari Komunitas UMKM Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta dan Kota-kota lainnya. Kegiatan  pengabdian masyarakat ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari Bapak Syamsul Bahri, MM, M.Kom selaku Kaprodi Akuntansi (S1), yang menyampaikan tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM dapat tetap menjaga kestabilan arus kas di masa new normal. Dalam Kegiatan pengabdian ini Ibu Ratiyah menjelaskan tentang bagaimana caranya para pelaku UMKM terutama yang bergabung dalam Komunitas UMKM Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta dapat menjaga kestabilan arus kas di masa new normal ditengah lesunya penjualan. Pengabdian masyarakat ini berakhir tepat pada pukul 14.00-15.00 WIB.

Semoga Pengabdian Masyarakat ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM khususnya Komunitas UMKM Naik Kelas Provinsi DKI Jakarta. (ASL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.