Dosen UBSI Berikan Cara Sukses dan Survive Di Tengah Pandemi Covid 19

0 23

Jakarta Bsi-News

Sektor UMKM yang tengah dicanangkan oleh KADIN Indonesia melalui program UMKM Naik Kelas, selama ini menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia yang termasuk salah satu sektor yang paling terdampak akibat adanya pandemic Covid 19. Permasalahan yang muncul dari para pelaku UMKM adalah penjualan yang menurun, sulit memperoleh bahan baku, distribusi yang menjadi terhambat, termasuk pengelolaan keuangan. Seperti halnya UMKM yang tergabung dalam komunitas UMKM Naik Kelas Jakarta Selatan dan usaha rintisannya sedikit mengalami penurunan omset yang berdampak pada menurunnya pendapatan dan mulai merasa kesulitan dalam menyeimbangkan arus kas. Agar dapat terus bertahan di tengah pandemi seperti ini tentu UMKM berupaya mengubah pola pikir berbisnis dengan memanfaatkan aplikasi berbasis digital dan pengelolaan keuangan bisnis agar bisa tetap sukses dan survive di tengah pandemi Covid 19. Atas dasar itulah Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika berkolaborasi dengan Komunitas UMKM Naik Kelas Jakarta Selatan untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan harapan bahwa pelaku usaha mengetahui bagaimana strategi mengatur keuangan bisnis di era new normal.

Sesuai dengan arahan pimpinan Universitas Bina Sarana Informatika di masa Pandemi Covid 19, maka terkait dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang harus dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom yang diadakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 dengan tema Strategi Mengatur Keuangan Bisnis Di Era New Normal Pada Komunitas UMKM Naik Kelas Jakarta Selatan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Bpk. Dedi Suharyadi dan yang bertindak sebagai tutor adalah Ibu Megawati dengan dibantu oleh Bpk. Raden Mohammad Riezky Pahlevi serta 2 (dua) orang mahasiswa Gita Aryandini dan Amalia Mayfriani Putri dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (D-III) Fakultas Teknik & Informatika Universitas Bina Sarana Informatika. Sebanyak 25 peserta yang mengikuti Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan para pelaku UMKM yang berasal dari Komunitas UMKM Naik Kelas Jakarta Selatan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dimulai pada pukul 15.00 WIB diawali dengan sambutan dari Bpk. Adi Supriyatna selaku Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi, yang menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut. Dalam pemaparannya Ibu Megawati selaku tutor menjelaskan tentang upaya-upaya untuk menciptakan dan meningkatkan kemampuan para anggota komunitas UMKM Jakarta Selatan dalam penerapan aplikasi berbasis digital dan pengelolaan keuangan bisnis agar pelaku usaha dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Semoga kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM khususnya yang tergabung dalam Komunitas UMKM Naik Kelas Jakarta Selatan. (DSI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.