Universitas Bina Sarana Informatika dukung Depok Virtual Expo 2020

0 42

Depok Bsi-News

Perhelatan Depok Expo 2020 kembali digelar secara virtual dengan mengangkat tajuk ‘UMKM Tumbuh Disaat Pandemi”. Dalam pelaksanaannya, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok bekerjasama dengan aplikasi Swadep (Swalayan Depok) sebagai mitra pemasaran produk UMKM dan didukung oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Perhelatan ini digelar dari tanggal 27 Oktober 2020 hingga 06 November 2020.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Mohammad Fitriawan selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok pada 27 Oktober di gedung Balaikop Kota Depok . Dalam sambutannya Fitriawan menyampaikan bahwa meski dalam masa pandemi Covid-19 namun kegiatan Depok Expo 2020 akan tetap dapat dilaksanakan secara virtual dengan tujuan utamanya tentu memperkenalkan produk-produk unggulan binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Serta mengharapkan UMKM yang terdaftar bisa naik kelas dan memiliki omset yang naik juga.

Koordinator UMKM Kota Depok dari UMKM Jabar Juara, Said Mustopa juga mengatakan, sangat mendukung kegiatan Depok Virtual Expo 2020 yang dapat membantu memasarkan produk-produk UMKM Kota Depok di tengah pandemi Covid-19.

Selaras dengan pernyataan tersebut dosen UBSI mengisi acara pembukaan dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian Masyarakat dengan tema : “Penerapan Teknologi Informasi dalam peningkatan daya jual produk (UMKM Juara Kota Depok-Jawa Barat)”.

Rachmat Suryadithia selaku ketua pengabdian masyarakat menerangkan “terdapat 15 tips bagaimana produk yang ditawarkan melalui media online dapat dilirik oleh konsumen dan dapat mempertahankan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan”, dalam sesi tersebut Andreyesta selaku tutor juga memberikan tips bagaimana teknologi informasi bisa diterapkan dalam peningkatan daya jual produk, salah satunya dengan memberikan pembelajaran tentang bagaimana membuat desain promosi menarik dengan memanfaatkan aplikasi tambahan seperti canva (www.canva.com). UBSI hadir memberikan dukungan dengan membagi tips dan trik agar produk dapat tetap laku di masa pandemi ini, kemudian menjelaskan mengenai penggunaan google trends, teknik pengambilan gambar foto produk agar terlihat menarik dan cara memaksimalkan email yang dimiliki oleh peserta pendamping UMKM.

Taat Kuspriyono, Kepala Kampus Universitas Bina Sarana Informatika kampus margonda, dalam hal ini yang menjembatani kerjasama antara UBSI dengan pihak penyelenggara pada kegiatan ini mengungkapkan bahwa “UBSI mendukung kegiatan ini dan berharap kerjasama dengan UBSI tidak hanya berhenti sampai disini namun dapat terus berkesinambungan, terutama dalam hal membina UMKM dengan memberikan pelatihan yang dibutuhkan melalui kegiatan pengabdian masyarakat demi kemajuan UMKM” Ujar Taat.

“Dan tidak lupa salam hormat saya kepada ribuan pelaku UMKM yang merupakan pahlawan ekonomi di era revolusi industry 4.0 dan telah melahirkan ribuan produk. Jika dibutuhkan, UBSI siap mendukung mahasiswa untuk magang dalam upaya pengembangan UMKM dan mengabdi pada masyarakat,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.