“Peluang Inovasi Teknologi Melalui Pola Pikir Digital di Era New Normal”

0 90

Jakarta Bsi-News

Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Banyumas baru saja menyelenggarakan Webinar pada Hari Rabu Tanggal  28 Oktober 2020 bertajuk Peluang Inovasi Teknologi Melalui Pola Pikir Digital Di  Era New Normal, dengan menghadirkan narasumber yaitu Bapak Edi Kurniawan, S.Kom yang merupakan Chief Technology Officer (CTO) dari PT Whita Aplikasi Nusantara.

Webinar diselenggarakan sebagai upaya untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lebih paham menghadapi era transformasi digital saat ini dengan menerapkan pola pikir digital, memahami perubahan perspektif tentang solusi digital, dan menerapkan teknologi untuk membantu memperkuat kolaborasi dan interaksi dengan orang-orang dari berbagai pekerjaan dan beradaptasi dengan teknologi selama dan setelah periode pandemi Covid-19.

Dalam pemaparannya Bapak Edi Kurniawan menyampaikan, bahwa dalam memulai membangun bisnis startup perlu menerapkan desaign sprint. Menggunakan desain yang dibuat, menciptakan prototype serta menguji ide dari produk kepada customer atau user. Ketika di awal menjalankan projek bisnis, metode tersebut dapat diterapkan agar bisa menentukan sesuatu yang akan ditawarkan melalui produk yang sedang dibangun. Bapak Edi juga menjelaskan perbedaan mendasar dari apa itu UI dan UX. Dimana desain UI akan mempengaruhi kesan pertama pengguna melihat produk kita. Sedangkan UX mempengaruhi bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan produk. Dalam kesempatan tersebut beliau tak lupa memberikan sedikit tutorial penggunaan Figma.com sebagai aplikasi desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk proyek digital. Figma.com dibuat untuk dapat membantu para penggunanya agar bisa berkolaborasi dalam proyek dan bekerja dalam bentuk tim sekaligus di mana saja.

Dengan diikuti oleh 300 peserta, webinar ini diadakan secara live menggunakan media ZOOM yang di mulai dari pukul 12.30 – 15.30 WIB. Webinar dimulai dengan sambutan dari Ka Prodi SI UBSI Kampus Banyumas yaitu Ibu Eva Argarini Pratama, M.Kom, beliau menyampaikan bahwa mahasiswa harus mampu memanfaatkan kesempatan dalam pemanfaatan teknologi khususnya selama masa pandemi covid ini.

Dengan adanya acara ini diharapkan dapat semakin menambah pemahaman mahasiswa agar dapat terinspirasi untuk memaksimalkan peluang dalam menciptakan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara

Leave A Reply

Your email address will not be published.