Monitoring Video Pembelajaran Prodi Sistem Informasi

0 102

Jakarta Bsi-News

Dalam menunjang kegiatan perkuliahan di Universitas Bina Sarana Informatika pada periode Gasal 2020/2021 lembaga memberikan indtruksi untuk membuat video pembelajaran di masing-masing prodi dengan durasi pendek kisaran 10 – 15 Menit. Format video sudah ditentukan dengan konposisi Bumper pembuka, materi, referensi dan bumper penutup. Sedangkan untuk isi materi yang ditanyangkan sesuai arahan warek 1 bidang akademik untuk tidak menayang dengan format slide yang sudah ada melainkan membuat ulang dengan merangkum atau memberikan penjelasan tambahan dengan tampilan baru diluar background silde. Dari hasil monitoring yang sudah dilakukan sebagian besar sudah mengikuti arahan tersebut diatas dan masih ada yang menggunakan materi tampilan sildenya langsung tanpa pengolahan bentuk baru.

Pada prodi Sistem informasi ada sebanyak sepuluh matakuliah yang membuat video pembelajaran mulai dari semester satu, tiga, lima dan tujuh. Adapun matakuliahnya yaitu Logika & Algoritma, Pengantar Teknologi Informasi & Komunikasi, Dasar Pemrograman (pyton), Web Programming II (WP2), Sistem Informasi Manajemen, Pemodelan Sistem Berorientasi Objek, Sistem Operasi, E-Bussiness, Teknologi Web Service, terakhir yaitu Etika Profesi Teknologi Informasi & Komunikasi.

Setelah dilakukan monitoring melalui chanel youtube resmi Universitas Bina Sarana Informatika untuk kesepuluh matakuliah prodi Sistem Informasi diatas dapat dibuat evaluasi terkait penanyangan video pembelajaran untuk materi sebelum UTS (Ujian Tengah Semester) dengan maksimal 7 pertemuan penayangan video pembelajaran. Matakuliah yang menayangkan 7 kali pertemuan yaitu : Dasar Pemrograman (pyton), Teknologi Web Service. Matakuliah dengan 6 kali penayangan yaitu : Logika & Algoritma, Pengantar Teknologi Informasi & Komunikasi, Sistem Informasi Manajemen, Etika Profesi Teknologi Informasi & Komunikasi. Matakuliah yang muncul 5 kali penyangan yaitu : Sistem Operasi, E-Bussiness. Sedangkan yang hanya 4 kali penayangan yaitu : Web Programming II (WP2), Pemodelan Sistem Berorientasi Objek.

Dari segi peminat penontonnya selama 6 kali penanyangan video pembelajaran, matakuliah yang paling terbanyak penontonnya adalah video pembelajaran Dasar Pemrograman (phyton) dengan total penonton 15.464, urutan kedua dipengang oleh Logika & Algoritma dengan jumlah penonton 5883 dan diposisi ketiga diduduki oleh Teknologi Web Service dengan total penontonnya 4158. Semoga hasil monitoring ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk matakuliah-matakuliah lain agar bisa mendapatkan jumlah penonton yang banyak sehingga semakin banyak yang menonton maka video pembelajaran tesebut menjadi berguna dalam memberikan pemahaman di era perkuliahan jarak jauh ini. (Syaiful)

Leave A Reply

Your email address will not be published.