Dosen UBSI Berikan Tips Mudah Cara Menulis Berita Online

0 312

Jakarta Bsi-News

Saat ini banyaknya pemberitaan di media online yang bersifat pembohongan publik atau lebih dikenal dengan nama berita hoax, telah banyak beredar dimasyarakat.  Peran masyrakat dalam menanggapi pemberitaan ini menjadi sangat penting.  Hal yang menjadi dasar utama untuk dapat membedakan antara berita berdasarkan fakta  dengan berita hoax paling tidak harus memiliki dasar pengetahauan mengenai bidang jurnalistik.

Salah satu prinsip dasar dalam bidang jurnalistik adalah penulisan berita dengan metode 5 W + 1 H, dasar penulisan ini menjadi patokan terutama bagi para pemula yang baru belajar menekuni penulisan artikel berita. Untuk mendukung agar generasi muda dapat memiliki pembekalan seputar penulisan berita, dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)  Fakultas Komunikasi & Bahasa Prodi Penyiaran melakukan pelatihan terhadap para pemuda karang taruna sapta taruna II Bekasi dengan tema “Pelatihan Penulisan Berita Secara Online Dengan Prinsip 5 W +1 H”, 31/10/20.

Karena saat ini masih masa PSBB transisi sebagai imbas dari Covid 19, maka pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan secara online dengan menggunakan zoom meeting.  Namun meskipun pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan secara online antusias peserta dalam belajar penulisan berita sangatlah besar. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya terkait teknik penulisan berita. Mulai dari cara penulisan berita dengan menggunakan metode piramida terbalik itu seperti apa, contoh-contoh berita yang dijadikan bahan referensi untuk penulisan seperti apa, dan beberapa pertanyaan lainnya.

Dengan adanya pelatihan penulisan berita ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan pemuda karang taruna seputar dunia jurnalistik, sehingga diharapkan kedepannya dapat menjadi modal dalam diri agar tidak terprovokasi dalam pemberitaan yang bersiifat hoax.

Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh Dosen Universitas Bina Sarana Informatika sebagai kegiatan agenda rutin tiap semester, dengan tema pelatihan yang berbeda-beda.  Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.