CBN Memberi Stimulus Pengembangan Karir Mahasiswa Prodi SI UBSI Tegal

0 57

Tegal Bsi-News

Arus informasi yang semakin berkembang menjadikan iklim ketenagakerjaan semakin dinamis. Tenaga kerja di Indonesia harus meningkatkan kualitas dirinya agar mampu bersaing di dunia karir. Sejalan dengan hal tersebut Prodi Sistem Informasi (SI) Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Tegal mengadakan Seminar Online Karir untuk mahasiswanya terutama di program studi Sistem Informasi pada hari Rabu, 11 November 2020 pukul 15.30 s.d 18.00 WIB. Webinar ini dihadiri 425 mahasiswa Prodi Sistem Informasi mulai dari Kampus Utama, Kampus Tegal, hingga Kampus Pontianak.

Seminar Online Karir tersebut mengangkat tema “Mengembangkan Passion Agar Siap Berkarir di Masa Depan”. Tujuan pelaksanaan webinar ini disampaikan oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi dalam sambutannya. Webinar ini bertujuan untuk memberikan sarana tambahan ilmu dan gambaran peluang karir kepada mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika sebagai bentuk tanggung jawab BSI terhadap mahasiswa dan lulusannya dalam hal masa depan karir.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan Seminar Online Karir kali ini adalah Achmad Yahya Sjarifuddin sebagai Manager Research and Development Corporate Scretary pada PT. Cyberindo Aditama (CBN) dan didampingi moderator Maruloh, M.Kom. Dengan pengalaman di bidang IT selama 22 tahun lamanya, pemateri memberikan wawasan mengenai passion yang harus ditingkatkan oleh mahasiswa agar bisa bersaing dalam mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan set skill yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa, karena kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang IT khususnya di Indonesia sangat tinggi. “Tips yang tidak kalah pentingnya adalah mengikuti passion. Ketika berkarya atau berkarir harus sesuai dengan passion, harus bergairah di bidang yang kita sukai. Karena itu akan membuat kita semakin produktif, rela berkorban, dan passion akan memberikan kepuasan dan rasa bahagia yang tidak dapat dibayar dengan apapun” kata Yahya. Yahya menambahkan bahwa di dunia professional IT dibutuhkan skill, knowledge dan attitude. Karena ketiga hal itu saling berkesinambungan, jika salah satu dari ke tiga elemen itu tidak ada maka seseorang akan kesulitan. Tidak hanya itu sertifikasi kompetensi pun dibutuhkan di dunia industri sebagai bukti tertulis bahwa mahasiswa tersebut ahli di bidang tertentu.

Seminar Online Karir yang diselenggarakan dalam format semi talkshow menghasilkan antusiasme peserta. Hal ini dilihat dari cukup banyaknya pertanyaan dari para peserta dan keaktifan peserta dalam mengisi polling yang diberikan narasumber terkait passion jurusan yang sudah dipilih, karir seperti apa yang diinginkan, dan apakah kuliah di prodi Sistem Informasi dapat meningkatkan karir. Husni Faqih, M.Kom selaku Kaprodi Sistem Informasi UBSI Tegal menyampaikan bahwa dari Prodi SI selalu mengupayakan yang terbaik untuk mahasiswa baik dalam akademik hingga pengembangan karir. Dalam pengembangan karir selalu berusaha menghadirkan narasumber terbaik dalam hal karir terutama karir dalam bidang Teknologi Informasi. “Harapan kami adalah mahasiswa banyak mengambil ilmu dari Seminar Online Karir ini, semakin terpacu untuk pengembangan diri, memperbanyak kompetensi dan siap bekerja pasca lulus kuliah. Ke depannya kerjasama UBSI dengan CBN diharapkan tidak hanya untuk Seminar Karir, namun juga untuk Magang dan Rekruitment” tutur Husni. (Dany)

Leave A Reply

Your email address will not be published.