Pengembangan Kemampuan Public Speaking Bagi Karang Taruna Sapta Taruna II Bekasi

0 410

Bekasi Bsi-News

Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional pada era teknologi 4.0, 31 Oktober 2020

Karang Taruna adalah salah satu organisasi pemuda yang ada di Komplek Sapta Taruna II Kota Bekasi. Karang Taruna ini juga bergerak dalam segi sosial dan acara-acara kegiatan rutin setiap tahun maupun harian seperti memperingati HUT RI dan lain-lain. Dalam mendukung program pelaksanaan mereka terlebih pada saat kegiatan yang mengharuskan mereka untuk tampil atau berkomunikasi dengan banyak orang (publik) maka diperlukannya keterampilan berkomunikasi di depan publik agar dapat memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, efektif dan percaya diri. Hal inilah yang masih belum dimiliki oleh Karang Taruna Sapta Taruna II Bekasi. Mayoritas dari mereka masih malu-malu dan merasa tidak percaya diri dalam berkomunikasi di depan publik banyak. Untuk itulah kami selaku dosen yang juga menggandeng perwakilan dari mahasiswa Universita Bina Sarana ingin memberikan pelatihan bagi Karang Taruna Sapta Taruna II Bekasi yang beralamat di Komplek Sapta Taruna II 002/025 Kelurahan Margahayu Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat mengenai Pengembangan Kemampuan Public Speaking. Sehingga diharapkan kedepannya para remaja karang taruna dapat mengatasi ketidakpercayadirian mereka yang selama ini mereka rasakan dan menjadikan kegiatan ini sebagai motivasi untuk lebih baik lagi bagi mereka dalam melakukan komunikasi di depan publik.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini diadakan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom meeting ataupun google meet. Hal ini dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemik Covid-19 dan diwajibkan untuk saling menjaga jarak antara satu individu dengan individu lainnya guna memutus tali rantai Covid-19 serta menjaga kesehatan. Meskipun kegiatan dilakukan dengan cara online, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadikannya lebih baik dalam hal menyampaikan materi dan memberikan contoh bagaimana mengaplikasikan public speaking yang baik dan benar.

Pengabdian Masyarakat yang berupa workshop dalam pengembangan kemampuan public speaking bagi pemuda dan pemudi Karang Taruna Komplek Sapta Taruna II Bekasi dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dari Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini diketuai oleh Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si dan sebagai tutor ialah Andy Setyawan, S.Hum, M.Si serta dosen lainnya yakni Susilowati S.Sos, MM, Faqihar Risyan, S.Sos., MM, Murtiadi, M.I.Kom, Iin Soraya S.Sos, MM serta 1 orang mahasiswa yakni M. Yusuf. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si selaku ketua PM dan juga Sdr Yesaya Recardo selaku ketua Karang Taruna Sapta Taruna II Bekasi..

Sebagai penutup pada acara pengabdian masyarakat kali ini kami selaku panitia pengabdian masyarakat menyampaikan akan mengirimkan beberapa masker kain sebagai cinderamata bagi pemuda dan pemudi Karang Taruna Komplek Sapta Taruna II Bekasi. Selain itu pada sambutan akhir acara ketua pelaksana kegiatan yakni Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si menyatakan agar kedepannya kegiatan Pengabdian Masyarakat dapat berlangsung secara berkesinambungan dan kemudian ditutup dengan sesi capture foto bersama panitia dan seluruh peserta PM (dpk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.