Membuat Video Pembelajaran Yang Menarik di Masa Pandemi Covid-19

0 897

Jakarta  Bsi-News

Dalam rangka peningkatan wawasan bagi para dosen Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat (Public Relations), kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar workshop bertajuk ‘Editing Video Pembelajaran’ secara daring melalui Zoom cloud meetings, 12 November 2020.

Christopher Yudha Erlangga dan Fajar Shidiq selaku dosen Prodi Hubungan Masyarakat memaparkan bahwa di tengah kondisi Covid-19 ini, mau tidak mau menuntut berbagai pihak tidak terkecuali para pengajar untuk berinovasi agar peserta didik tertarik dan mudah memahami materi walaupun secara jarak jauh

“Memberikan pembelajaran dari offline ke menjadi online bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab,  bukan hanya sekedar menyampaikan materi yang perlu dipikirkan dengan baik, tetapi juga inovasi-inovasi yang secara terus-menerus dilakukan dalam pengembangan metode pembelajaran salah satunya melalui video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi KineMaster di platform Android atau IOS” ujar Christopher.

Christopher memaparkan beberapa poin terkait proses produksi video, yang pertama Pra Produksi yaitu menyiapkan materi, merangkum bahan dan membuat menjadi naskah; kedua Produksi yaitu menggunakan media perekam (handphone), pencahayaan yang sesuai, pastikan video dan audia terekam dengan baik; dan ketiga Pasca Produksi yaitu melakukan review dan editing.

“Sebelum mulai membuat video pembelajaran kita harus mengenal terlebih dahulu  project atau tools yang ada pada KineMaster antara lain project assistant dan empty project. Aplikasi KineMaster hingga saat ini adalah aplikasi yang power full untuk smartphone. Bahkan PC World, aplikasi KineMaster masuk lima besar the best video editing untuk smartphone. Jika smartphone kita masuk kategori high end dengan spesifikasi mumpuni akan ada fitur-fitur keren seperti fitur green screen yang biasa digunakan pada proses pembuatan film profesional.,” Ungkap Christopher.

Sebagai langkah awal membuat video kita perlu memasukkan atau impor video dan atau foto, ada pada menu sebelah kanan tool Media Browser. Pilih video yang akan dibuat video pada galeri video yang ada pada smartphone. Bisa juga menggunakan sumber video dari perangkat lain, misal dari mirrorles camera atau DSLR. Tapi ingat konversi atau ubah terlebih dahulu format videonya menjadi mp4 dengan resolusi maksimal 720p. Resolusi tersebut sudah HD untuk YouTube. Ujar Fajar.

“Mengedit video clip atau scene bisa langsung dilakukan di dalam aplikasi KineMaster. Untuk menyamakan pemahaman, di pembahasan berikutnya saya menyebutnya dengan istilah scene saja. Scene adalah potongan-potongan video yang proses dan teknik pengambilan videonya menggunakan cut to cut. Standarnya antara 2-5 detik, bisa kurang atau lebih. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, misalnya saat adegan wawancara atau moment tidak mungkin durasinya sependek itu.” Tambah Fajar.

Ketua Prodi Hubungan Masyarakat, Ita Suryani, mengatakan bahwa kegiatan workshop Editing Video Pembelajaran diperuntukkan bagi dosen pengajar prodi Humas Universitas Bina Sarana Informatika bermaksud memberikan pelatihan bagi para dalam proses pembuat video pembelajaran dengan menggunakan Handphone secara sederhana namun menarik dengan menggunakan aplikasi KineMaster di platform Android atau IOS.

“selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan agar membantu dosen pengajar dalam memberikan materi pembelajaran berbentuk video dan dapat memberikan gambaran tahapan produksi video pembelajaran” ungkapnya.

Para peserta mengikuti kegiatan workshop dengan sangat antusias, karena pembuatan video dengan aplikasi Kinemaster ini sangat memudahkan dosen pengajar dalam memberikan materi pembelajaran secara online dan berharap kedepannya dapat diselenggarakan kegiatan lainnya, tentunya dengan tema yang menarik sehingga dapat meningkatkan wawasan mereka” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.