Menyiapkan Sumber Daya Manusia Dibidang Perpajakan Yang Berkualitas dan Berdaya Saing

0 1,185

Jakarta Bsi-News

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme lulusan pada hari Kamis 12 November 2020 Program Studi Manajemenn Pajak Fakulas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan kegiatan Webinar dengan Topik “Menyiapkan Sumber Daya Manusia Dibidang Perpajakan Yang Berkualitas dan Berdaya Saing” secara online yang diikuti seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen Pajak Semester 1 dari Kampus Salemba,Kampus Dewi Sartika Dan Kampus  Jatiwaringin dipandu Moderator Seno Sudarmono Hadi,SE,MM. Dari Staff Prodi Manajemen  Pajak FEB UBSI Jakarta.

Acara Webinar dibuka dengan sambutan Dekan FEB UBSI Dr. Ani Wijayanti,MM,CHE dan  dilanjutkan sambutan dari Kaprodi Manajemen Pajak Eka Dyah Setyaningsih,SE,MM

Sebagai Pembicara adalah Dr.Widi Widodo,SE,MSi Selaku Kepala Bidang Penyuluhan,Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jakarta Timur. Dalam pemaparan materi  dijelaskan bahwa pajak merupakan sumber pendapatan Negara dan untuk 10 tahun terakhir terdapat kendala yaitu bahwa target penerimaan deari sektor pajak belum dapat tercapai secara maksimal maka dibutuhkan upaya yang dapat meningkatkan pencapaian target pajak di masa yang akan datang.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara  meningkatkan informasi kepada masyarakat terutama Wajib Pajak ( WP) untuk meningkatkan kesadaran mereka untuk membayar pajak dan melapor SPT  ke Kantor Pajak dalam hal ini kantor DJP, maka pada masa yang akan datang dibutukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan Kompetensi,Literasi dan Integritas. Oleh karena itu sebagai mahasiswa harus mempersiapkan sedini mungkin SDM yang berdaya saing diantaranya terciptanya SDM yang memiliki skill dibidang Teknologi Informasi terutama penguasaan software dibidang Akuntansi serta penguasaan mengenai E Filling yang meliputi E Faktur Dan E SPT.

Dalam acara tersebut juga disampaikan materi Mengenai Relawan pajak oleh Niken Evi Suryani,SST,Ak,M.Ak,PhD selaku Kepala seksi Bimbingan,Penyuluhan dan Pengelolan Dokumen Kanwil DJP Jakarta Timur  yang  memberikan materi Program relawan pajak   yang diakukan DJP dimana program tersebut bertujuan memberikan pengetahuan mengenai pelaporan SPT PPh Badan Dan PPh OP yang dilakukan setiap Bulan Maret setiap tahunnya dan program relawan pajak merupaka program rutinitas yang sudah diikuti Mahasiswa Prodi Manajemen Pajak FEB UBSI Jakarta yang bekerja sama dengan KPP Cengkareng dan KPP Kramat jati untuk lima tahun terakhir.

Acara ini berjalan dengan lancar dan menariknya adalah banyaknya animo mahasiswa yang mengikuti dan  banyaknya pertanyaan yang mahasiswa sampaikan pada pemateri seminar.

Dengan adanya acara webinar ini mahasiswa akan mengetahui hal apa aja yang harus dimiiki sebagai mahasiswa yang memiliki daya saing tinggi dibidang perpajakan  yang nantinya akan menduduki posisi pekerjaan dibidang perpajakan dan diharapkan acara seminar ini dapat ditingkatkan yaitu  jumlah peserta dan topik dibidang perpajakan lainnya.(SSH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.