Program Studi Sistem Informasi UBSI Mempersiapkan Mahasiswa menjawab Tantangan Dunia Kerja Dengan Memanfaatkan Teknologi

0 66

Jakarta Bsi-News

Pandemic Covid-19 yang sudah berlangsung sejak bulan Maret ini menuntut kita untuk melakukan suatu penyesuaian tatanan kehidupan baru  “New Era” untuk melakukan semua aktifitas yang biasa kita lakukan secara normal. Kehidupan Kampuspun saat ini mengalami perubahan dimana perkuliahan saat ini dilakukan secara daring secara penuh, tatap muka yang dilakukan secara langsung dikelas digantikan dengan video conference. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dimasyarakat. Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyikapi tantangan ini dengan menyelenggarakan webinar Digital Mindset kepada mahasiswa Strata Satu (S1) untuk Semester 1 dan 3 dengan Tema “Digital Technology for A Better Future” yang diadakan pada hari Kamis tanggal 12 November 2020 jam 15.30 – 18.00 Wib. Webinar ini sangat diminati mahasiswa, tidak kurang dari 578 mahasiswa hadir mengikuti seminar digital ini.

Bapak Fernando B Siahaan, M.Kom selaku moderator membuka acara webinar ini dengan memberikan kesempatan kepada bapak Sriyadi, M.Kom sebagai Kepala Program Studi Sistem Informasi UBSI untuk memberikan kata sambutannya. Dalam sambutan ini beliau memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan diadakannya webinar ini agar mahasiswa mampu siap menghadapi tantangan dunia kerja nanti dan mampu bersaing dengan orang lain untuk memberikan kontribusi terbaiknya bagi masyarakat Indonesia.

Narasumber pada webinar ini  adalah Bapak Peter J Kambey, beliau adalah seorang IT Manager pada sebuah perusahaan Ritel dan sebagai Head of Executive pada PHP Indonesia Community. Bapak Peter menyampaikan materi dalam dua sesi, yang pertama menjelaskan tentang Manfaat dan Peluang Teknologi Digital dalam masa Pandemic Covid-19, beliau menjelaskan dengan menggunakan hasil riset. Bagaimana manfaat dan peran teknologi informasi yang begitu penting  untuk melakukan bisinis agar tetap bertahan. Pada sesi kedua menjelaskan tentang bagaimana menciptakan peluang dengan memanfaatkan teknologi digital. Saat ini memang banyak perusahaan yang tutup atau bangkrut namun ada juga yang tetap bertahan bahkan mendapatkan peningkatan dimasa pandemic ini, contoh kuliner banyak masyarakat saat ini memanfaatkan aplikasi teknologi untuk melakukan pesanan khususnya makanan/minuman karena sangat aman untuk menghindari penyebaran Covid-19. Acara ini semakin menarik karena dihadirkan seorang mahasiswa bernama Jupri Maulana yang sudah memanfaatkan teknologi didalam membantu masyarakat dengan menciptakan sebuah web tokoorder.com. Pada sesi akhir bapak Peter menyampaikan bahwa inovasi, kreasi dan motivasi itu sangat penting didalam memanfaatkan Teknologi.

Dengan adanya webinar ini diharapkan mahasiswa mampu memiliki paradigma baru atau mindset baru dalam memanfaatkan teknologi, mencoba dari sekarang dengan membuat inovasi-inovasi baru yang kreatif akan membekali diri untuk siap menghadapi tantangan saat bekerja nanti. (Fernando)          

Leave A Reply

Your email address will not be published.