Dukung Belajar Dari Rumah, UBSI Tasikmalaya Adakan Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Menarik

0 133

Tasikmayala Bsi-News

meskipun ada keterbatasan dalam proses belajar mengajar salahsatunya yaitu tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan pengajarnya. Dengan adanya video pembelajaran yang interaktif, materi pembelajaran dapat diserap secara maksimal oleh para mahasiswa. Namun dalam pembuatan video pembelajaran, agar video tidak terkesan monoton dan membosankan perlu adanya variasi-variasi yang menarik, sedangkan masih banyak tenaga pendidik yang backgroundnya bukan dari informatika merasa kesulitan untuk membuat video yang menarik dan interaktif. Oleh karena itu UBSI Tasikmalaya mengadakan workshop untuk para dosen agar dapat membuat video pembelajaran yang menarik dan interaktif guna melancarkan penyampaian materi dan kegiatan belajar mengajar dengan mahasiswanya.

Workshop ini diadakan hari Senin, 16 November 2020 via daring menggunakan aplikasi zoom dan dihadiri oleh semua dosen UBSI Tasikmalaya. Ketua panitia dalam kegiatan ini adalah Bapak Deddy Supriadi, M.Kom selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi UBI Kampus Kota Tasikmalaya.

“Workshop ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan para dosen dalam membuat video pembelajaran yang menarik, interaktif dan dapat memaksimalkan penyampaian materi dalam kegiatan belajar mengajar”, tutur beliau.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Agung Baitul Hikmah, M.Kom, beliau memaparkan materi mengenai cara membuat video yang menarik mulai dari aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat video, salah satunya adalah power director serta bagaimana cara menambahkan efek, animasi, sound, background serta tips dan trik untuk penyampaian materi agar tidak terkesan membosankan sehingga video pembelajaran yang dibagikan kepada mahasiswa dapat meningkatkan antusism mereka untuk menonton bahkan me-replay video jika materinya belum bisa dipahami. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan para dosen peserta workshop juga terlihat sangat antusias terhadap kegiatan ini.

“Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama yang bukan dari background lulusan informatika, karena dengan adanya kegiatan ini kami bisa belajar untuk membuat video sebagai media pembelajaran yang menarik dan tidak monoton”, tutur Ratna, salah satu peserta pelatihan.//RCB    

Leave A Reply

Your email address will not be published.