Sistem Informasi Akuntansi Selenggarakan Webinar Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0

0 272

Bogor Bsi-News

Prodi Sistem Informasi Akuntansi telah melaksanakan webinar Pentingnya Sertifikasi, webinar ini menggangkat tema “Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Rangka Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0″. agenda webinar telah dilaksanakan pada pukul 19.00 – 21.00 WIB pada media online Zoom Meeting yang dipandu oleh moderator bapak Rifky Permana, M.Kom, beliau juga sebagai dosen Universitas Bina Sarana Informatika. Webinar ini diperuntukkan bagi mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi pada semester satu dengan jumlah partisipan yang hadir adalah 191 peserta, 17 November 2020.

Sambutan dalam webinar ini disampaikan oleh Bapak Rizal Amegia Saputra, M.Kom, beliau adalah Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi, beliau menginformasikan “Di prodi Sistem Informasi Akuntansi sendiri ada beberapa sertifikasi yang harus diikuti oleh mahasiswa diantaranya Zahir Accounting dan Programmer” dan diakhir kalimat beliau mengucapkan “selamat mengikuti acara webinar semoga bermanfaat”. Pembicara pada webinar ini adalah bapak Bonardo Aldo Tobing, Bsc, BA selaku komisioner BNSP, beliau disapa dengan nama bapak Aldo. Dalam materi yang disampaikan terkait dengan sertifikasi bahwa bukti kompetensi sebagai pendamping ijasah saat ini sangat penting, sebagai contoh bidang sistem informasi maka perusahaan akan merekrut sdm yang memiliki kompetensi dibidangnya tidak lagi berfokus pada tingkat lulusannya. Bapak Aldo juga mengatakan dalam kondisi society 5.0 masyarakat dapat melakukan apa saja menggunakan sebuah perangkat dalam era revolusi industri 4.0.

Sertifikasi juga dapat menata jenjang karir bagi yang memiliki sertifikasi kompetensi, dan sertifikasi kompetensi juga sebagai personal branding sehingga meningkatkan daya jual pada usaha atau dirinya sendiri. Dan diakhir slide materi tertulis kalimat yang sangat bagus yaitu “Sertifikasi Kompetensi Jembatan Emas SDM Unggul”.

Diakhir pemaparan materi oleh bapak Aldo, peserta sangat antusias mengikuti webinar ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan, berikut pertanyaan dari Voni Monika yang bertanya terkait bagaimana prosedur untuk mengikuti sertifikasi, Yogi Purnomo dengan pertanyaan Apa dampak negatif kelangaan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, Dwi Erita dengan pertanyaan Sertifikasi apa saja yang bisa diikuti oleh prodi sistem informasi akuntansi, dan pertanyaan dari Tori Oktapianus Apa benar sertifikasi profesi mengingkatkan daya saing industri dan masih banyak pertanyaan lainnya. Alhamdulillah semua pertanyaan dijawab langsung oleh bapak Aldo sampai sesi berakhir. (Masripah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.