Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Rangka Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

0 4.471

JAKARTA, BSINews – Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dijadikan sebagai sebuah solusi, agar dalam menciptakan SDM berkualitas, sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman. Sebagai upaya program studi Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menyelenggarakan webinar Pentingnya Sertifikasi Kompetensi dengan tema “Membangun Sumber Daya Manusia Unggul dalam Rangka Menhadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0”.

Webinar ini dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Nopember 2020 mulai pukul 19.00- 21.00 WIB secara daring melalui zoom cloud meeting

Adi Supriyatna, selaku ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI dalam sambutannya menyampaikan tujuan dan manfaat dari kegiatan webinar ini. Para peserta (mahasiswa) bisa mengetahui perkembangan generasi milenial yang siap akan problematika dan tantangan, profesionalitas, daya kompetitif, kompetensi fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama.

Sedangkan manfaat dari webinar ini untuk menyiapkan mahasiswa agar punya keunggulan kompetitif, memiliki kesempatan yang lebih besar, untuk mendapatkan pekerjaan dan menunjang karier profesional.

Baca Juga :Internet of Things Sebagai Bekal hadapi Revolusi Industri 4.0

Hadir sebagai narasumber, Bonardo Aldo Tobing, yang merupakan Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Koordinator Sertifikasi. Dalam penyampaian materinya, ia menjelaskan tentang tatanan normal era baru era covid-19 dan society 5.0, yang memunculkan keahlian (skill) baru dan memberi dampak pentingnya sertifikasi kompetensi.

Ia juga menegaskan kembali bahwa, sekarang ini bukan lagi adu ijazah, tapi skill atau kompetensi. Ditegaskan pula dalam menghadapi era baru Revolusi ke-4 menjadi sebuah silent revolution dan dengan istilah Economic Disruptions ,yang menuntut setiap individu benar-benar kompeten dan bersertifikasi.

“Pengakuan atas kompetensi kerja merupakan kebutuhan dasar atas kepemilikan-pencapaian-kemampuannya dari otoritas yang dinilai berwenang dalam memberikan pengakuan. Sertifikat kompetensi merupakan produk hukum yang menjadi legitimasi terhadap capaian kemampuan seseorang dalam melakukan pekerjaan tertentu yang ditetapkan otoritas tertentu berbasis standar kompetensi yang disepakati dan ditetapkan. Intinya adalah dalam menghadapi era industri 4.0 ini dibutuhkan SDM yang professional, kempetitif dan kompeten,” ucap Bonardo .

Materi yang disampaikan narasumber benar-benar menarik peserta dan sangat bermanfaat serta menambah pengetahuan, membuka wacana serta kesadaran akan posisi kita di era ini serta tantangan dan persiapan yang harus dilakukan untuk menjadi SDM unggul yang kompeten.

Webinar ini diikuti oleh 208 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi dan dosen Civitas Universitas Bina Sarana Informatika.

Banyak materi dan ilmu pengetahuan yang didapat oleh para peserta terutama mahasiswa setelah mengikuti webinar ini, mulai dari bagaimana beradaptasi di era tatanan baru (New Normal), era industri 4.0 dan bagaimana menyiapkan diri  menjadi SDM yang qualified, kompetitif dan kompeten sehingga dapat memenangkan persaingan baik ditingkat nasional, regional maupun global. 

Baca Juga : Universitas BSI Ajak Siswa Bangun Kemandirian Melalui Webinar ‘Semua Bisa Jadi CEO’

Kegiatan webinar ini mendapat kesan positif  yang baik dari para peserta maupun narasumber. Para peserta merasa senan,g dengan adanya kegiatan webinar ini karena dapat menambah cakrawala pengetahuan mereka dalam menghadapi tantangan zaman serta cara mempersiapkan diri menghadapinya.

Sedangkan narasumber sangat berkesan melihat antusiasme para peserta dalam menyimak dan mengikuti webinar dengan tertib, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.(RDX)

Leave A Reply

Your email address will not be published.