Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Rapat Kerja Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2020-2021

0 111

Jakarta Bsi-News

Dalam rangka menigkatkan kualitas pembelajaran maka seyogyanya setiap dosen wajib menyiapkan pembelajaran dengan sebaik mungkin. Pembelajaran yang dirancang haruslah sesuai dengan konteks saat ini dan kebutuhan belajar mahasiswa. Untuk itu, Tim Unit Pengembangan Akademik Prodi Hubungan Masyarakat UBSI Mengadakan Rapat Kerja pesiapan pembelajaran semester Genap 2020-2021.

Kegiatan Rapat Kerja yang diikuti oleh 9 orang Tim UPA ini berlangsung mulai dari pukul 09.00 s/d 12.00 wib melalui Zoom Virtual Meeting. Agenda yang sedianya dirapatkan adalah terkait pembagian pengampu mata kuliah, mekanisme pembelajaran, pesiapan RPS, Silabus dan RTM dengan menggunakan kurikulum OBE hingga pemaparan Taksonomi Bloom yang sedianya dilakukan guna perancangan capaian pembelajaran, 19 November 2020.

Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat, Ita Suryani, S.Sos., M.I.Kom memaparkan agenda rapat secara berkelanjutan. Ia juga memaparkan bahwa perlu adanya update materi dari setiap mata kuliah yang akan dirancang. Update dapat dilakukan mulai dari materi, referensi buku hingga studi kasus sesuai dengan kondisi saat ini.

Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si salah satu Tim UPA berpendapat dalam kegiatan rapat tersebut bahwa beliau mengampu mata kuliah Komunikasi Organisasi yang kini sudah berubah menjadi mata kuliah workshop yakni evaluasi formatif dengan menggunakan portofolio memaparkan bahwa pemberian tugas dalam bentuk studi kasus lebih efektif dibandingkan dengan evaluasi dengan pilihan ganda. Harapannya dengan perubahan metode belajar dan evaluasi, mahasiswa tidak saja hanya memahami mengenai teori komunikasi organisasi, tetapi dapat menerapkan dan mengaplikasikan bagaimana komunikasi dalam sebuah organisasi, ujarnya.

Dengan adanya perubahan dan pembaharuan materi pembelajaran, diharapkan mahasiswa dapat lebih termotivasi dalam belajar, dan juga dapat meningkatkan kualitas bahan ajar pada Prodi Hubungan Masyarakat. Ujar Ita Suryani. (FFY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.