HIMASA Kampus Kota Bogor Sukses Gelar Study Club dengan Tema Meningkatkan Kualitas dan Wawasan

0 205

Bogor  Bsi-News

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (HIMASA) Kampus Kota Bogor telah mengadakan study club dengan tema “ Meningkatkan Kualitas dan Wawasan dalam Akuntansi Dasar untuk Mahasiswa “. Peserta yang mendaftar sebanyak 79 orang dan berasal dari kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi. Acara ini dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.  Study club Akuntasi Dasar ini dilaksanakan untuk menambah wawasan akuntansi agar dapat meningkatkan kualitas akuntansi bagi mahasiswa. Pada masa sekarang mahasiswa perlu meningkatkan wawasan dalam bidang akuntansi agar dapat bersaing dan menimbangi perkembangan zaman yang semakin sulit dalam bidang akuntansi, 21 November 2020 dan 22 November 2020.

Akuntansi sendiri adalah proses pencatatan transaksi yang biasanya berhubungan dengan keuangan. Dengan adanya akuntansi akan membuat banyak orang lebih mudah untuk memanajemen uang masuk dan keluar. Pada zaman sekarang mahasiswa banyak yang tidak tertarik dengan akuntansi karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Maka dari itu, dengan adanya study club ini bertujuan untuk meningkatkan skill, wawasan dan kualitas akuntansi bagi mahasiswa dan membantu mahasiswa dalam memanajemen lebih baik.

Study Club Akuntansi Dasar ini menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yakni Rani Oktaviani selaku Mahasiswa dari Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Bogor dan juga anggota dari Himpunan Mahasiswa Sistem informasi Akuntansi (HIMASA) tahun 2018-2019. Webinar ini juga dipandu oleh Annisa Nabilah Putri sebagai moderator. Pembukaan acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksanaan acara Hamasah Filistine.

Sabtu (21/11) dan Minggu (22/11) Narasumber memaparkan materi mengenai akuntansi dalam perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur serta pembahasan soal-soal. Tidak hanya pemaparan materi dan soal saja, para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber, salah satunya Hanna Nur Azizah dari Universitas Bina Sarana Informatika Bogor, yang menanyakan bagaimana cara perhitungan jurnal penyesuaian dengan metode persekot?.

Diakhir acara, narasumber mengajukan 4 pertanyaan kepada peserta sebagai kuis berhadiah. Salah satu pertanyaan yang diberikan oleh narasumber yaitu, Membayar premi asuransi (Insurance Expense) Rp 3.000.000 untuk periode 1 Juli 2010 s/d 1 Juli 2011. Jelaskan dalam metode pendekatan neraca. Jawaban paling tepat adalah yang terpilih sebagai pemenang, yaitu Aghita Azironia asal kampus UBSI bogor mendapatkan voucher pulsa senilai Rp 20.000, Indah Komala asal kampus UBSI Bogor mendapatkan voucher sinilai Rp 10.000, Irma asal kampus UBSI Cilebut mendapatkan Rp 10.000, dan Gita Putri asal kampus UBSI Bogor mendapatkan voucher pulsa senilai Rp 30.000. Voucher pulsa yang diberikan memiliki nilai berbeda karena bergantung pada tingkat kesulitan soal yang diberikan. Para peserta yang sudah berpartisipasi diberikan link untuk mengisi kuesioner mengenai Study Club Akuntansi Dasar yang telah dilaksanakan untuk mendapatkan E-Sertifikat.

Dengan diadakannya study club ini diharapkan para peserta yang telah berpartisipasi dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh Narasumber dan dapat menerapkan ilmunya untuk meningkatkan wawasan dibidang akuntansi serta tercipatanya skill dan kualitas dalam bidang akuntansi, serta mampu bersaing dalam bidang akuntansi seiring perkembangan zaman yang semakin pesat.(Nandita-HIMASA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.