UJI PROFISIENSI BASIS DATA DAN TANTANGAN MANAJEMEN DATA DALAM MENYONGSONG SOCIETY 5.0

0 106

Jakarta Bsi-News

Data merupakan komponen penting dalam kehidupan terutama dibidang teknologi dan informasi. Kesalahan dalam pengolahan data dapat membuat informasi yang disampaikan menjadi tidak benar. Kesalahan informasi bisa membuat knowlegde atau pengetahuan menjadi tidak valid. Oleh karena itu manajemen data yang benar merupakan hal yang penting yang harus kita miliki dalam menyongsong Society 5.0 ini. Pengetahuan mengenai manajemen data harus dimiliki pula oleh mahasiswa terutama mahasiswa Program Studi Sistem Informasi yang nantinya akan terjun ke dunia kerja. Pengetahuan mengenai basis data mutlak harus dimiliki sebagai bekal menyongsong society 5.0

Berdasarkan hal tersebut, maka Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Sistem Informasi perlu melakukan uji profisiensi sistem basis data kepada mahasiswa. Dalam hal ini program studi Sistem informasi bekerja sama dengan E-Test For Indonesian Profesional Knowledge Proficiency (Preinexus) untuk menyelenggarakan uji profisiensi Sistem Basis Data. Dimana kegiatan uji profisiensi tersebut akan diadakan pada tanggal 06 Desember 2020.

Sebelum mahasiswa mengikuti uji profisiensi sistem basis data, program Studi Sistem Informasi memandang perlunya mengadakan workshop pembekalan uji profisiensi, dengan tujuan memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai pentingnya manajemen data dan basis data dan informasi mengenai apa yang harus mereka persiapkan dan lakukan sebelum dilaksanakannya uji profisiensi. Oleh karena itu program studi sistem informasi mengadakan workshop uji profisiensi sistem basis data dengan tema: “Tren dan Tantangan Manajemen Data Dalam Menyongsong Society 5.0”. Adapun pelaksanaanya adalah pada tanggal 24 November 2020 melalui media zoom meeting. Total keseluruhan peserta sejumlah 921. Acara dimulai dari pukul 15.00-18.00 Narasumber untuk acara workshop uji profisiensi ini adalah Mochamad Nandi Susila, M.Kom dan dipandu oleh moderator Maruloh, M.Kom, yang merupakan Staf Program Studi Sistem Informasi.

Acara dimulai dengan sambutan Rektor Universitas Bina Sarana Informatika Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd. dilanjutkan dengansambutan dan  sharing pengetahuan  dari CEO Preinexus Prof. Richardus Eko Indrajit mengenai Tren dan Tantangan Manajemen Data Dalam Menyongsong Society 5.0. Materi inti disampaikan oleh Narasumber Mochamad Nandi M.Kom. Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber adalah mengenai petunjuk teknis pelaksanaan uji profisiensi sistem basis data. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sistem basis data sebagai bekal mahasiwa mengikuti proses uji profisiensi. Dan diakhir workshop diadakan simulasi mengenai proses uji profisiensi, dimana ini merupakan proses yang cukup penting mengingat pada proses ini mahasiswa akan diberikan langkah-langkah dalam melakukan proses uji profisiensi, seperti proses login, menjawab soal ujian sampai bagaimana cara mengunduh sertifikat.

Dengan adanya kegiatan workshop uji profisiensi sistem basis data ini diharapkan mahasiswa dapat mengikuti kegiatan sertifikasi dengan baik tanpa kendala, dan memiliki bekal cukup untuk menjawab soal dalam sertifikasi tersebut. Sehingga kedepannya lulusan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Sistem Informasi benar-benar memiliki sertifikasi dalam bidang basis data dan mampu bersaing dengan lulusan lain dalam dunia kerja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.