Dosen UBSI Hibahkan Aplikasi SIADPEN Kepada Desa Bojongawah

0 13

Sukabumi Bsi-News

Dalam rangka membantu dan menunjang proses dalam bekerja Dosen kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Sukabumi menghibahkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIADPEN) kepada Desa Bojongawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Aplikasi ini diserahkan langsung oleh Rizal Amegia Saputra selkau Kaprodi Sistem Infomrasi dan diterima oleh M.Faisal, Kepala Desa Bojongsawah.

Rizal mengungkapkan bahwa hibah aplikasi ini sebagai bentuk lanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) antara kampus UBSI dengan Desa Bojongsawah.

“Dosen UBSI merancang sebuah program yang dapat mempermudah layanan sistem informasi administrasi kependudukan, sehingga aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh perangkat desa dalam pengelolaan administrasi,” ujarnya. Senin (07/12).

Ia juga menambahkan bahwa dalam acara hibah aplikasi ini diselingi juga pelatihan penggunaan dari aplikasi tersebut sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Selain hibah aplikasi, pelatihan penggunaan dari aplikasi SIADPEN juga diperlukan sehingga hal ini juga bisa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Transformasi digital saat ini semakin gencar namun sayangnya masih banyak bidang yang belum memenuhi hal tersebut, contohnya perangkat desa Bojongsawah yang masih melakukan pembuatan surat keterangan atau surat pengantar secara manual,” imbuh Rizal.

Yusti Farlina selaku Ketua Pelaksana pengabdian masyarakat menuturkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk tri dharma perguruan tinggi yang harus di implementasikan kepada masyarakat seperti hibah dan pelatihan penggunaan aplikasi.

“Pelatihan ini digelar agar para perangkat desa memahami betul bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Mentor dari pelatihan ini dibimbing langsung oleh Ramdhan Saepul Rohman sebagai pembuat aplikasi. Aplikasi ini juga dirancang user friendly sehingga semuanya dapat digunakan dengan mudah,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, M. Faisal mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terutama oleh perangkat desa yang terbantu dengan kehadiran aplikasi SIADPEN yang memudahkan dalam mengelola urusan desa.

“Aplikasi ini sangat membantu perangkat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memotivasi perangkat desa untuk terus mengembangkan kemampuan, sehingga dapat membantu mempercepat kinerja perangkat desa dalam berbagai kegiatan terutama dalam melayani masyarakat,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.