Workshop PKM “ Membentuk Penelitian yang Kreatif dan Inovatif”

0 728

Bogor Bsi-News

Selasa tanggal 8 Desember 2020 Program Studi Sistem Informasi Akutansi Kampus Kota Bogor telah melaksanakan kegiatan Workshop Pembekalan Pembuatan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa(PKM) dengan tema “Membentuk Penelitian yang Kreatif dan Inovatif” untuk dosen-dosen yang akan melakukan pembinaan kepada mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi kampus kota Bogor, dengan tujuan agar dosen dapat memberikan bekal dan arahan kepada mahasiswa yang ingin mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa(PKM) yang didanai oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi  untuk pendanaan tahun 2021.

Workshop ini dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting, acara dimulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB, acara dipandu oleh Siti Masripah, M.Kom selaku Moderator, acara dibuka dengan diisi sambutan oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Bogor yaitu Ibu Sri Wasiyanti, M.Kom. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini akan sangat membantu dosen dalam memberikan pengarahan kepada mahasiswa yang ingin mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa pada pendanaan tahun 2021.

Pemateri pada workshop ini adalah bapak Rusda Wajhillah, M.Kom beliau selaku Koordinator Bidang non Akademik Universitas Bina Sarana Informatika. Beliau memaparkan tentang bagaimana cara memulai melakukan penelitian untuk mahasiswa, menyampaikan informasi-informasi seputar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang ditambah dengan bidang baru yakni PKM GFK. Sebelumnya pada tahun 2020 Universitas Bina Sarana Informatika berhasil lolos Hibah PKM dan mendapatkan dana dari Pemerintah sebesar Rp.5.000.000, dan tahun 2016 Universitas Bina Sarana Informatika berhasil lolos ke tahap pendanaan PKM yaitu Universitas BSI Bandung dan AMIK BSI Sukabumi.

Pak Rusda juga memberikan tips mencari topik proposal PKM yaitu 1) Pilih masalah yang aktual, hangat, relevan. 2)Kaitkan bidang PKM yang ada untuk mencari solusinya. 3) Kaitkan judul PKM dengan masalah aktual masyarakat. 4) Sedapat mungkin bermanfaat langsung bagi masyarakat. Di sesi tanya jawab, beberapa dosen bertanya seputar PKM ini, yaitu pak Arfan yang menanyakan perihal bagaimana bentuk laporannya, kemudian luaran dari PKM. Bu Elly menanyakan perihal tema tentang PKM dan bu Ratna bertanyakan perihal bagaimana untuk menjadi dosen pembimbing PKM. Alhamdulillah semua pertanyaan dapat dijawab oleh pembicara dengan jelas, dan para dosen diharapkan untuk dapat melakukan pembinaan kepada mahasiswa dan memberikan motivasi untuk mengikuti kegiatan PKM ini, tutur moderator sebagai kalimat penutup untuk acara Workshop Pembuatan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa PKM. (STM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.