Sambut Semester Genap, Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Tasikmalaya Adakan Rapat untuk Siapkan Bahan Ajar

0 23

Tasikmalaya Bsi-News

Bahan ajar merupakan sesuatu yang sangat penting dan wajib dipersiapkan secara baik, teliti dan cermat sebelum didistribusikan kepada mahasiswa. Selain itu, sangat penting juga bagi unit pengembangan akademik untuk memastikan bahwa bahan ajar yang akan didistribusikan kepada mahasiswa merupakan suatu materi yang uptodate dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku di perguruan tinggi. Untuk menyamakan persepsi para anggota unit pengembangan akademik, maka UBSI Tasikmalaya melaksanakan rapat ini dengan tujuan untuk mempersiapkan bahan ajar yang uptodate dan sesuai kurikulum di semester genap nanti.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Desember 2020 pukul 09.00-12.00WIB via zoom virtual meeting. Pada kesempatan kali ini UBSI menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yaitu Bapak Sriyadi, M.Kom selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi Kampus Utama dan Bapak Muhammad Sony Maulana, M.Kom selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi Kampus Pontianak. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Syaifur Anwar, M.Kom sebagai moderator. Dalam pemaparan materinya, narasumber menjelaskan tentang evaluasi kualitas pegajaran semester ganjil dan rata-rata IPK yang diperoleh mahasiswa, peraturan pemerintah mengenai kuliah offline serta tantangan yang harus dihadapi oleh tiap-tiap program studi untuk mengahadapi kuliah offline ini dengan menerapkan protocol kesehatan, mata kuliah yang akan disampaikan pada semester genap dan juga aturan-aturan serta silabus pembelajaran semester genap.

“Untuk perkuliahan semester genap ini, kita perlu sekali melakukan pengkajian terkait bahan ajar agar materi yang kita sampaikan juga sesuai denga napa yang dibutuhkan oleh pasar karena pada akhirnya setelah lulus kuliah, mahasiswa biasanya cenderung mencari pekerjaan, jika kita sudah membekali mereka dengan keterampilan yang sesuai dengan kualifikasi yang dicari perusahaan, maka mahasiswa kita juga akan lebih cepat terserap di dunia kerja” tutur Bapak Sriyadi,M.Kom.

Narasumber kedua yaitu Bapak Muhamad Sony Maulana, M.Kom  memaparkan materi seputar persiapan bahan ajar meliputi format materi perkuliahan, profile mata kuliah, rekap bahan kajian sesuai dengan RPS, format RPS dan silabus, ketentuan latihan soal dan beberapa hal lainnya yang terkait materi pembelajaran.

Pada kesempatan ini, ada beberapa hal yang didiskusikan oleh para peserta dan narasumber diantaranya mengenai materi programming yang sering digunakan dalam dunia kerja, materi pengelolaan basis data yang sekarang banyak diperlukan oleh dunia kerja, kendala kegiatan belajar mengajar sampai dengan pembahasan beberapa bahan materi yang sekarang up uptodate dan membahas terkait sertifikasi dosen. Selain pemaparan narasumber yang kompeten dibidangnya, dalam kegiatan kali ini juga dihadirkan alumni UBSI yang telah sukses berkarir di dunia programming yaitu Felix untuk sharing pengalaman serta memaparkan kebutuhan programming di dunia kerja. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen yang tergabung dalam unit pengembangan akademik di UBSI Kampus Kota Tasikmalaya yang berjumlah 11 orang. Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan khidmat dan serius. Selain itu para peserta juga berharap agar kegiatan ini selalu dilakukan sebagai bahan evaluasi dan juga agar persiapan kegiatan belajar mengajar disemester genap nanti dapat berjalan maksimal dan bahan ajar yang diberikan kepada mahasiswa juga semakin berkualitas.(RCB)

Leave A Reply

Your email address will not be published.