Dalam Rapat Kerja UPA Prodi SI Genap 2020/2021 Ada Sosok Inspirator

0 3

Jakarta Bsi-News

Pada tanggal 16 Desember 2020 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika mengadakan rapat kerja unit pengembang akademik untuk persiapan bahan ajar periode semester genap 2020/2021. Dihadiri Bp. Sriyadi, M.Kom selaku ketua program studi Sistem Informasi, Bp. Sony Maulana, M.Kom sebagai pembicara kedua membahas persiapan bahan ajar dan Syaiful Anwar, M.Kom sebagai moderator. Acara tersebut juga di hadiri oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi dari kampus PSDKU.

Pembahasan pertama adalah laporan dari penyelenggaran webinar yang sudah berlangsung satu bulan sebelumnya yang disampaikan oleh masing-masing penangungjawab acara baik dari kampus Utama maupun dari kampus PSDKU. Laporan yang disampaikan menekankan pada hasil diskusi webinar yaitu Materi-materi webinar bisa di masukkan kedalam matakuliah Interaksi Manusia da Komputer (IMK), Outline Tugas Akhir Perancangan Sistem Informasi bisa dimasukkan unsur UI dan UX. Expert satu bahasa pemrograman, Mengembagkan bahasa pemrograman Android. Update database tidak sebatas SQL saja bisa ditambah jenis database lainnya. Mengembangkan penggunaan bahasa Laravel dan python untuk melengkapi penguasaan coding pembuatan Web. Menelusuri kesalahan dalam penjurusan oleh mahasiswa. Meningkatkan mutu modul praktek dengan menampung ide-ide dari Mahasiswa maupun dosenyang mengajar.

Ditengah-tengah acara rapat kerja muncul sosok inspirator yang dikenalkan oleh pa Sony Maulana yang berasal dari kampus UBSI Pontianak. Sosok tersebut adalah Felix Antoni, dia adalah Mahasiswa UBSI pontianak yang sudah lulus tiga tahun yang lalu. Sosok dia seperti orang biasa saja, setelah dia mulai bercerita pengalamannya selama tiga tahun belakang baru terlihat gambaran sosoknya. Felix merupakan programmer freelance yang mulai aktiv mempelajari coding atau bahasa pemrograman saat dia mulai kuliah di UBSI pontianak padahal dia sebelumnya adalah tamatan SMA Akuntansi. Dengan semangat dan ketekunannya, mulai mendatangi perpustakaan untuk meminjam buku pemrograman sampai meminjam modul sama kakak kelasnya. Semangat inilah yang akhirnya dia memiliki kelebihan dari teman-teman kuliahnya, sehingga dia mulai dikenal sebagai mahasiswa yang mampu menguasai coding. Setelah lulus kuliah felix memperdalam lagi dengan mempelajari bahasa pemrograman yang lain salah satunya adalah bahasa Golang.

Sampai saat ini felix sudah menghasilkan puluhan aplikasi yang sudah diterapkan oleh lembaga dalam negeri maupun luar negeri. Kesulitan dalam membuat aplikasi adalah requipment yang sering berubah tengah jalan. Dari kegiatan coding ini felix sudah mengantongi pundi-pundi yang cukup lumayan mencapai puluhan juta rupiah. Sehingga sosok felix ini menjadi role model generasi muda yang patut diteladani oleh mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika dalam mendalami perkuliahannya.

Pada bagian akhir rapat kerja UPA penyampaian persiapan bahan ajar semester genap 2020/2021 yang disampaikan oleh Bp. Sony Maulana, M.Kom. Diharapkan persiapan bahan ajar bisa merespon masukan-masukan yag sudah dirangkum diatas oleh perwakilan-perwakilan dosen sehingga menghasilkan kualitas bahan ajar yang lebih maksimal ke depannya. (Syaiful)

Leave A Reply

Your email address will not be published.