Dosen UBSI Berikan Pelatihan Optimalisasi Teknologi Digital dan Media Sosial Saatnya Beralih ke Online

0 79

Jakarta Bsi-News

Dosen Universitas Bina Sarana Informatika bekerja sama dengan Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA) Kota Depok untuk melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan judul “Optimalisasi Teknologi Digital dan Media Sosial Saatnya Beralih ke Online”.

Organisasi PERWIRA (Perkumpulan Perempuan Wirausaha) Indonesia adalah suatu wadah perkumpulan para perempuan wirausaha yang didirikan secara sah berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku atas dasar kesamaan tujuan dan aspirasi.

Semenjak pandemi Covid-19, PERWIRA Depok sempat vaccum baik itu kegiatan seminar, sosialisasi, pelatihan dan juga sudah tidak lagi berjualan offline (seperti mengikuti bazzar / membuka café-nya) akibat penerapan PSBB dan social distancing. Sekarang orang diharuskan belanja lewat online, oleh karena itu dengan sharing info mengenai digitalisasi akan dapat membantu para pelaku UMKM khususnya Ibu-Ibu di PERWIRA Depok.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Desember 2020 Pkl. 08.00-12.00 WIB via Zoom Meeting dan Live Facebook Perwira Depok yang dihadiri oleh 65 peserta dari UMKM, mahasiswa, akademisi, praktisi bisnis, dan umum.

Sesuai dengan topiknya, Dosen UBSI memaparkan beberapa kiat terkait bisnis UMKM di tengah era digital. Pemateri 1 yakni Lidya Fransisca, S.I.Kom, M.M. menjelaskan mengenai membangun branding image produk dan jasa di media online melalui konten. Hartana, M.T. memaparkan penggunaan aplikasi Camtasia dalam membuat video yang dapat memberikan iklan promosi produk lebih baik dan menarik. Optimasi Instagram, salah satu media sosial yang banyak digunakan, dijelaskan pemateri ke-3 yakni R. Deasy Mandasari, M.T. Rangkaian kegiatan tersebut, tidak hanya memperkenalkan bagaimana optimalisasi media online untuk UMKM namun juga memaparkan pentingnya pemahaman penggunaan dan aplikasi media untuk mendongkrak minat dan keputusan membeli pasar sehingga UMKM tetap bisa bersaing dan bahkan menjadi unggul.

Hasil dari kegiatan tersebut yang diperoleh melalui survey daring menyatakan bahwa seluruh peserta merasa puas dan materi dirasa sangat bermanfaat. Ditambah lagi para responden menyatakan bahwa kegiatan ini terasa berbeda dari kegiatan lain yang menyajikan topik serupa. Pemateri dinilai konsisten dan jelas dalam pemaparannya dan diharapkan UMKM dapat terpelihara sehingga dapat meningkatkan kemampuan serta pengetahuan mereka terkait bisnis media digital. Tidak lupa sebagai apresiasi untuk peserta yang mengikuti seminar ini telah mendapatkan eBook Premium mengenai Bisnis Digital dan Sosial Media, slide Materi, dan e-Certificate.

Leave A Reply

Your email address will not be published.