Pelatihan WA Bussines Untuk Memudahkan Kegiatan Promosi Bagi UMKM Kampung Teknologi Foundation

0 28

Jakarta Bsi-News

Beberapa dosen dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa Program studi (Prodi) Periklanan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PM). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai implementasi dari salah satu unsur Tridharma Perguruan Tinggi disamping pengajaran dan penelitian. Dosen-dosen yang terdiri dari Angga Pradipta Baskoro, S.I.Kom., M.M., Sultan Himawan, M.I.Kom., Teguh Tri Susanto, S.S.n., M.M., Yusmawati, S.IP, M.I.Kom, beserta dua orang mahasiswa Prodi Periklanan yakni Arif Krisbiantoro dan Elvira Devi Imeralda telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bekerjasama dengan Kampung Teknologi Foundation (KTF) yang beralamat di Kp. Areman Jl. Kamboja No. 17 C, RW. 5, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan secara online atau daring yakni melalui aplikasi Google Meet, dimana link Google Meet dibagikan kepada peserta 30 menit sebelum acara dimulai. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat dilakukan secara online atau daring dikarenakan kondisi saat ini terutama di daerah Jawa Barat termasuk zona merah pandemic Covid-19 atau resiko tinggi penularan  virus Corona. Hal ini dilakukan untuk mengurangi interaksi kontak fisik semua pihak dan menghindari kegiatan berkerumun serta upaya untuk menjaga kesehatan semua pihak yang terlibat dan juga sebagai salah satu cara memutus mata rantai Covid-19.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB, dengan sasaran kegiatan adalah Anggota UMKM Kampung Teknologi Foundation sebanyak 20 orang. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari perwakilan pengurus KTF, menurut beliau kegiatan Pengabdian Masyarakat ini sangat membantu dalam menambah wawasan serta referensi khususnya bagi pelaku UMKM khususnya di wilayah kota Depok. Disampaikan juga ucapan terimakasih kepada UBSI atas ilmu yang diberikan oleh narasumber.

Tema dari kegiatan yang diangkat pada Pengabdaian Masyarakat kali ini adalah Pelatihan WA Bussines Untuk Memudahkan Kegiatan Promosi Bagi UMKM Kampung Teknologi Foundation, karena aplikasi WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi dan juga dalam kegiatan bisnis.  WhatsApp juga dapat menjadi salah satu media komunikasi pemasaran yang efekti jika dapat digunakan dengan optimal. Menurut ketua pelaksana kegiatan Ibu Yusmawati, S.IP, M.I.Kom tema ini diangkat dengan tujuan untuk membuka akses bagi peserta UMKM agar lebih meluaskan pemasarannya. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa melalui penyampaian materi ini diharapkan para pelaku UMKM di Kampung Teknologi Foundation dapat bersaing dan mempromosikan usahanya sehingga dapat dikenal lebih luas dan dapat meningkatkan perekonomiannya, 05/12/20.

Materi yang disampaikan oleh Tim Tutor dosen Prodi Periklanan UBSI yang dikoordinir oleh Bapak Sultan Himawaan, M.I.Kom. Materi yang disampaikan meliputi WhatsApp secara umum, WhatsApp Bussines,  manfaat iklan WhatsApp Bussines, serta cara mengaktifkan serta menggunakan WhatsApp Bussines. Selain itu dalam kegiataan ini peserta diajak untuk langsung mencoba dan mengatifkan WhatsApp Bussines, dimana semua peserta terlibat aktif serta melakukan simulasi. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab tentang pelatihan yang sudah dilaksanakan. Semua peserta, rata-rata sangat puas dengan materi yang disampaikan oleh tim tutor karena materinya sesuai dengan yang mereka butuhkan, cara penyampain materi yang mudah dimengerti, serta tim tutor yang mampu menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. Selain itu mereka juga berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat didelenggarakan kembali di lain waktu. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ditutup dengan  sambutan dari perwakilan Pengurus KFT dan Ketua pelaksana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.