Mengasah Kemampuan Berbicara di Depan Publik Bagi Remaja Yayasan Al-Mabrur Bekasi

0 158

Bekasi Bsi-News

Dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yang bertanggungjawab dan memiliki kontribusi bagi masyarakat maka sudah selayaknya kami sebagai dosen mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang memiliki kebermanfaatan dan pengamalan yang baik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan serta kemampuan bagi masyarakat. Hal ini agar kedepannya masyarakat dapat menghadapi kemajuan dalam berbagai bidang, 23 Desember 2020.

Remaja merupakan penerus bangsa dan kewajiban kami sebagai dosen adalah mengantarkan mereka untuk siap dalam menghadapi dunia luar. Yayasan panti asuhan yatim piatu-dhuafa Al-Mabrur merupakan salah satu yayasan yatim piatu yang berada di Bekasi dan membutuhkan pembelajaran lebih dalam lagi mengenai public speaking khususnya dalam hal memberikan materi yang baik dan tidak membosankan di depan umum. Selain itu mereka juga membutuhkan tips dan trik mengenai bagaimana agar tidak canggung dan grogi ketika berbicara di depan umum.

Dengan adanya kebutuhan dari para remaja Yayasan panti asuhan yatim piatu-dhuafa Al Mabrur mengenai pembelajaran public speaking ini maka kami selaku Dosen Fakultas Komunikasi dan Bahasa beserta perwakilan dari mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika memberikan workshop dan sharing mengenai pengembangan kemampuan public speaking.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini diadakan melalui dua cara yakni offline dan online, dimana tim yang offline merupakan tim Pengabdian Masyarakat yang memberikan materi. Hal ini sudah disetujui oleh pihak yayasan Al-Mabrur dengan ketentuan pembatasan jumlah tim pemateri dan juga penerapan protokol kesehatan bagi panitia, tim pemateri dan juga peserta Pengabdian Masyarakat. Untuk panitia Pengabdian Masyarakat yang tidak hadir di lokasi menggunakan aplikasi zoom meeting dan tetap mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat hingga selesai. Meskipun kegiatan dilakukan dengan dua cara tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadikannya lebih baik dalam hal menyampaikan materi dan memberikan contoh serta tips bagaimana melakukan public speaking dengan maksimal.

Pengabdian Masyarakat yang berupa workshop dalam pengembangan kemampuan public speaking bagi remaja Yayasan panti asuhan yatim piatu-dhuafa Al-Mabrur, Babelan Bekasi kali ini diketuai oleh Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si dan sebagai tutor ialah Geofakta Razali, S.I.Kom., M.I.Kom serta dosen lainnya yakni Tuty Mutiah, S.I.Kom., MM, Flora Meliana Siahaan, SE., M.I.Ko, Rizki Hidayat, M.I.Kom serta 2 orang mahasiswa yakni Adnan Afif dan M. Angga. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si selaku ketua PM dan juga Ustad Fathul selaku salah satu penaggungjawab dan juga pengajar di yayasan panti asuhan yatim piatu-dhuafa Al-Mabrur.

Sebagai penutup pada acara pengabdian masyarakat kali ini kami selaku panitia dan tim pematri dalam Pengabdian Masyarakat memberikan beberapa cinderamata dan juga santunan bagi yayasan panti asuhan yatim piatu-dhuafa Al-Mabrur. Selain itu pada sambutan akhir acara ketua pelaksana kegiatan yakni Devy Putri Kussanti, S.Sos., M.Si menyatakan agar kedepannya kegiatan Pengabdian Masyarakat dapat berlangsung secara berkesinambungan dan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan juga capture foto bersama panitia dan seluruh peserta PM (dpk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.