Dosen UBSI Siap Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi 2021

0 82

Jakarta Bsi-News

Setelah sebelumnya di tahun 2020 telah dilakukan acara International Conference On Advanced Information Scientific Development (ICAISD 2020), kini Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyelenggarakan acara serupa di tahun 2021. Kegiatan International Conference On Advanced Information Scientific Development (ICAISD 2021) kedua akan dilaksanakan pada tanggal 5 s/d 6 Agustus 2021. Namun untuk mempersiapakan pembuatan publikasi artikel di ICAISD 2021, beberapa dosen UBSI diberikan pembekalan seputar penulisan melalui kegiatan “Workshop Penulisan dan Manajemen Publikasi Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi”, Jum’at 22 Januari 2021.

Acara ini diselenggrakan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika (LPPM) dengan menghadirkan Keynote Speech Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, MPd, selaku Rektor Universitas Bina Sarana Informatika, Pembicara Dr. Didi Rosiyadi, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik dan Informatika UBSI, dan Taufik Baidawi, M.Kom selaku Ketua LPPM UBSI.

Acara diawali dengan sambutan Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, MPd yang membuka acara workshop tersebut sekaligus menjelaskan mengenai tujuan dari penyelenggaraan workshop tersebut.

“Workshop ini bertujuan untuk mengajarkan lebih dalam bagaimana publikasi artikel secara internasional. Semoga Bapak/Ibu yang diberikan workshop ini untuk dapat berpartisipasi dalam acara ICAISD yang akan diselenggrakan pada tanggal 5-6 Agustus 2021 dan semoga acara penyelenggaraan ICAISD dibulan agustus dapat dilakukan secara offline,” ujar Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, MPd.

Setelah itu acara dilanjutkan lagi dengan pemaparan materi oleh Dr. Didi Rosiyadi, S.Kom., M.Kom. Dalam pemarannya beliau menjelaskan secara detail mengenai Scope yang digunakan dalam pembuatan artikel tersebut.

“Scope dalam ICAISD 2021 merupakan ” Applied Science and Artifial Intelligence”, maka diharapkan kepada Bapak/Ibu yang ingin mempublikasi artikel harus mengetahui Scope tersebut,” pungkas Dr. Didi Rosiyadi, S.Kom., M.Kom.

Lebih lanjut lagi beliau menjelaskan  materi yang disampaikan seputar Prosiding Ilmiah Terindeks Global. Dimana prosiding terbagi menjadi beberapa macam seperti, Prosiding ilmiah terindeks global bereputasi, Prosiding ilmiah terindeks global lainnya, Prosiding ilmiah eksternal instansi dan tidak terindeks global , Prosiding ilmiah internal instansi dan tidak terindeks global.

Sebelum mulai kepemaran materi yang disampaikan oleh pembicara kedua, seluruh peserta diberikan waktu isoma, dan dilanjutkan lagi pada pukul 13.00.

Setelah Isoma lalu acara dilanjutkan lagi dengan pemaparan yang dijelaskan oleh Taufik Baidawi yang menjelaskan secara teknis publikasi jurnal dengan menyiapkan beberapa hal yang perlu disipakan seperti Menyiapkan Artikel, Submit Artikel, Revisi Artikel, Melengkapi Dokumen Pendukung dan Proses Presentasi.

Acara yang dipandu oleh Eka Fitriani, M.Kom selaku Moderator telah membuka acara yang ditayangkan secara Live On melalui ZOOM yang dimulai dari pukul 09.00-16.00 WIB. Beberapa peserta terlihat antusias mengikuti acara ini, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan workshop ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.