Dosen UBSI Bantu Masyarakat Tanggap Bencana

0 139

Jakarta Bsi-News

Benca alam saat ini terjadi dibeberapa daerah, mulai dari bencana banjir, longsor, gempa dan lain-lain. Untuk membantu dan tanggap terhadap bencana gempa maka diperlukan penanganan khusus agar masyarakat secara dini tanggap terhadap gempa yang terjadi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) dalam membantu masyarakat untuk tanggap terhadap gempa yakni dengan merancang dan membangun sistem informasi geografis bencana alam berbasis web.

Dengan adanya website ini Warjiyono menjelaskan bahwa dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan peta informasi daerah rawan bencana.

“Website ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan bencana terkini secara langsung. Sehingga pemerintah daerah setempat dapat langsung terjun ke lapangan menangani bencana tersebut sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (12/01).

Lebih lanjut Warjiyono menjelaskan bahwa Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi solusi terbaik untuk mengetahui daerah rawan bencana. Dengan adanya SIG ini dapat menginformasikan beberapa titik menjadi rawan bencana.

“SIG menjadi salah satu metode untuk pemecahan masalah dalam ruang lingkup geografi. SIG dimanfaatkan untuk memberikan titik-titik rawan bencana alam secara visual pada peta daerah yang terkena dampak bencana,” ungkap Warjiyono.

Leave A Reply

Your email address will not be published.