Hindari Tingkat Plagriarisme Program Studi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang Gelar Workshop Parafrase Karya Ilmiah

0 10

KARAWANG-BSI News

Meningkatnya tingkat plagiarisme dalam suatu tulisan ilmiah, Universitas Bina Sarana Informastika melalui Program studi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Karawang mengadakan workshop parafrase tulisan ilmiah yang bertemakan “Parafrase Tulisan Ilmiah dan Luaran Pengabdian kepada Masyarakat”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui teknik Parafrase seperti merubah bentuk kata, merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung, merubah sinonim dan merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif. Sekaligus mendorong Dosen-dosen di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika agar dapat menghindari atau menurunkan tingkat plagiarisme pada suatu tulisan ilmiah.

Kegiatan workshop yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom cloud meeting, Kamis, 28 Januari 20201 dimulai pukul 13.30 s/d 15.30. Acara dipandu langsung oleh Lis Saumi Ramdhani selaku moderator dan dibuka oleh Ketua Prodi Sistem Informasi UBSI Kampus Utama, Sriyadi.

“Kegiatan Workshop Parafrase Tulisan Ilmiah dan Luaran Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kualitas dalam menuangkan suatu ide atau gagasan pada tulisan ilmiah dan tentunya untuk memberikan pemahaman lebih kepada dosen-dosen di lingkugan Universitas Bina Sarana Informatika, khususnya Dosen-dosen dari Program Studi Sistem Informasi. Kesadaran akan plagiarisme sangat dibutuhkan demi mencegah budaya plagiarisme, baik untuk dosen maupun untuk mahasiswa”, ujar Sriyadi.

Webinar diisi oleh narasumber yang merupakan salah satu Dosen di lingkungan Universitas Bina Sarana Informatika yaitu Taufik Hidayatulloh. Dalam kesempatan itu, ia memaparkan materi tentang seperti apa teknik atau cara untuk menurunkan tingkat plagiarisme pada suatu tulisan ilmiah.

“Parafrase tulisan ilmiah ini merupakan cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah dimengerti.”terang Taufik Hidayatulloh.

Dikatakan Taufik dengan diadakannya workshop parafrase tulisan ilmiah ini dapat lebih memotivasi dosen untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk menuangkan suatu gagasan atau ide yang dimilikinya pada tulisan ilmiah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.