Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah, UBSI Gelar Webinar Parafrase

0 79

JAKARTA-BSI News

Pada hari kamis tanggal 28 januari 2021, awal tahun ini Program Studi Sistem Informasi PSDKU Kota Bogor membuat acara webinar untuk para dosen dengan tema tema “Paraphrase Tulisan Ilmiah dan Luaran Pengabdian Kepada Masyarakat”.

Acara ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menambah kemampuan bagi para dosen dalam penulisan artikel ilmiah untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara dilaksanakan dengan menggunakan Zoom meeting, mengingat kegiatan ini diselenggrakan masih dalam situasi pandemic Covid-19.

Acara yang diikuti oleh 40 dosen UBSI kampus kota bogor ini dimulai pada pukul 13.30 yang dibuka oleh moderator Lis Saumi Ramdhani. Selanjutnya acara dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Sistem Informasi Kampus Utama oleh Sriyadi M.Kom. Dalam sambutannya, beliau mengatakan tentang pentingnya kegiatan webinar ini untuk diikuti karena untuk menambah ilmu dalam hal Parapharase, dimana hal tersebut dapat menunjang kemampuan dosen dalam menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan sehingga bisa terhindar dari plagiarisme.

Acara selanjutnya adalah paparan materi oleh pembicara Taufik Hidayatulloh M.Kom. Pada pembahasannya, Taufik Hidayatulloh berkata bahwa paraphrase adalah tehnik untuk menulis ulang ide atau gagasan orang lain dengan kata-kata sendiri dan ditampilkan dalam bentuk yang baru tanpa mengubah makna. Oleh sebab itu paraphrase merupakan cara yang legal dan sah dalam meminjam gagasan orang lain. Selain materi juga dilakukan praktek untuk membuat paraphrase dengan menggunakan tools online dan juga pengecekan plagiarism dari paraphrase yang sudah dibuat.

Materi yang disampaikan sangat menarik, sehingga peserta begitu antusias bertanya dalam sesi tanya jawab. Meskipun diadakan melalui zoom meeting, tetapi tidak mengurangi semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Acara ditutup dengan kegiatan foto bersama seluruh peserta dan pembicara pada pukul 15.45. Semoga acara yang serupa dapat diadakan kembali untuk menambah ilmu bagi para peserta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.