TINGKATKAN KOMPETENSI, MENGGELAR UJI COBA PERANGKAT ASESMEN SKEMA PROGRAMMER

0 67

JAKARTA-BSI News

Obrolan Seputar Program Studi Sistem Informasi (OPSI). Kompetensi lulusan mahasiswa menjadi sesuatu yang penting dalam segi cerminan kualitas suatu perguruan tinggi.

Selain menempuh proses perkuliahan, mahasiswa pun harus memiliki standar kompetensi nasional sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Salah satunya dengan mengikuti uji sertifikasi kompetensi sesuai keahlian yang dimiliki. Pada tanggal 28 Januari 2021, bertempat di Universitas Bina Sarana Informatika TUK Kampus BSD digelar kegiatan Uji Coba Perangkat Asesmen Skema Programmer. Kegiatan ini diselenggarakan hasil kerja sama antara LSP BSI dengan Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika dan bertujuan sebagai sarana simulasi terhadap perangkat-perangkat asesmen kompetensi untuk kegiatan sertifikasi kompetensi, khususnya skema programmer untuk mahasiswa.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh asesi dan asesor wajib menggunakan masker, menjaga jarak, serta dicek suhu tubuh terlebih dahulu. Dua asesor yang hadir Bapak Mochamad Nandi Susila, M.Kom dan Bapak Maruloh, M.Kom selaku asesor kompetensi skema programmer. Sedangkan dua mahasiswa Program Studi Sistem Informasi yang hadir adalah Alif Nopian Andika dan Norman Ardian selaku asesi yang diuji.

Dimulai dari proses pendaftaran asesi, dilanjutkan kegiatan pra asesmen, hingga proses asesmen dilakukan secara tertib.  Baik asesor maupun asesi menjalankan semua tahapan sesuai standar kompetensi BNSP. Terdapat 9 daftar unit kompetensi yang diujicobakan, yaitu, mengimplementasikan pemrograman terstruktur, menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practice, melakukan debugging, membuat dokumen kode program, menggunakan spesifikasi program, mengimplementasikan pemrogramanan berorientasi objek, menggunakan library atau komponen pre-existing, menerapkan akses basis data, seta melaksanakan pengujian unit program.

Kegiatan ditutup dengan rapat pleno dan pengumuman hasil ujian yang disampaikan langsung oleh para asesor kepada asesi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, LSP BSI dan Program Studi Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika mampu mengukur tingkat kompetensi mahasiswa terhadap unit-unit perangkat asesmen skema programmer yang diujicobakan. (mnl)

Leave A Reply

Your email address will not be published.