UBSI KAMPUS SUKABUMI GELAR SEMINAR ONLINE PARAFRASA

0 22

SUKABUMI-BSI News

Persentase kemiripan publikasi ilmiah seringkali menjadi tantangan para peneliti.

Universitas Bina Sarana Informatika melalui prodi Sistem Informasi Kampus Kota Sukabumi menyelenggarakan seminar online parafrasa guna meningkatkan publikasi ilmiah para dosen.

Seminar online parafrasa ini membahas mengenai bagaimana agar peneliti terhindar dari plagiarisme. Selain itu, seminar ini membahas juga mengenai keluaran dari pengabdian masyarakat yang rutin dilakukan oleh dosen Universitas Bina Sarana Informatika.

Pembahasan dan tema seminar kali ini sangat menarik dikarenakan tantangan besar publikasi ilmiah yang sering dihadapi oleh para peneliti termasuk dosen adalah persentase kemiripan dengan tulisan ilmiah yang lain. Ujar Sriyadi selaku ketua prodi Sistem Informasi dalam sambutannya.

Seminar ini ditujukan kepada dosen peneliti dilingkungan Universitas Bina Sarana Informatika yang berlangsung pada hari Kamis, 28 Januari 2021 dimulai pukul 13.30 sampai dengan selesai secara daring live via zoom. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak Taufik Hidayatulloh, M.Kom yang sudah profesional dalam bidang penelitian, dan terkognisi di Sinta ristekdikti.

“Parafrasa merupakan bagian yang sangat penting yang ada dalam suatu artikel ilmiah setelah state of the art. Masih banyak mahasiswa, guru bahkan dosen yang masih belum melakukan pengutipan dengan baik. Salah satu alasan pentingnya parafrasa adalah menghindari plagiarisme” Tutur Taufik Hidayatulloh.

Kegiatan dihadiri oleh ratusan dosen Universitas Bina Sarana Informatika yang sangat antusias, terlihat dari banyak nya pertanyaan yang disampaikan peserta kepada narasumber.

Taufik menambahkan, Teknik parafrasa yang harus dilakukan penliti adalah merubah dari klausa ke frase (atau sebaliknya), merubah bentuk kata dan merubah kalimat aktif menjadi pasif (atau sebaliknya).

Kegiatan diakhiri setelah sesi tanya jawab yang disampaikan oleh ibu Lis Saumi selaku moderator. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan tentang pentingnya parafrasa agar dapat terhindar dari plagiarism.

Leave A Reply

Your email address will not be published.