Bedah Outline Tugas Akhir Sukses Dalam Membimbing Mahasiswa.

0 259

BOGOR BSINews

02 Februari 2021 Prodi Sistem Informasi Akuntansi kampus Kota Bogor menyelenggarakan kegiatan Bedah Outline Tugas Akhir dengan tema “Sinergi Dalam Membimbing Tugas Akhir untuk Meningkatkan Pemahaman Karya Ilmiah sebagai Wujud Tridharma Perguruan Tinggi”.

Kegiatan webinar ini diperuntukan untuk dosen-dosen prodi Sistem Informasi Akuntansi kampus kota Bogor yang akan melakukan bimbingan Tugas Akhir pada semester genap 2021, kegiatan ini sangat membantu dosen-dosen pembimbing untuk mengarahkan mahasiswa bimbingannya agar menyelesaikan Tugas Akhir sesuai dengan outline dan panduan yang telah ada.

Webinar bedah outline Tugas Akhir dimulai pada pukul 09.00 menggunakan media zoom meeting, dengan dibuka oleh moderator yaitu bapak Adi Supriyatna,M.Kom dan sambutan oleh bapak Warjiono, M.Kom selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Tegal. Pak Warjiono menyampaikan agar dapat mengikuti webinar yang sangat bagus ini dan menginformasikan seputar penerbitan jurnal di prodi Sistem Informasi Akuntansi.

Pada sesi pertama diisi oleh bapak Rizal Amegia Saputra, M.Kom, pada pemaparan materinya pak Rizal menyampaikan tentang outine tugas akhir Rancang Bangun sistem, dimana mahasiswa dapat melakukan riset untuk membangun sistem atau pengembangan sistem yang telah ada. Pada sesi kedua diisi oleh ibu Sifa Fauziah, M.Kom yang membahas tentang outline kedua yaitu Penerapan Software akuntansi, mahasiswa dapat menggunakan software akuntansi seperti Zahir, MyOb dan software aplikasi akuntansi lainnya pada perusahaan dagang dan jasa sebagai solusi dari pemecahan masalah terkait penanganan akuntansi yang masih manual dengan minimal transaksi yang dijadikan studi kasus yakni 1 bulan transaksi dan semua modul yang ada di software aplikasi akuntansi harus digunakan(harus ada transaksinya).

Sedangkan pembicara ketiga yaitu Bapak Rifky Permana, M.Kom yang memaparkan materi outline ketiga yaitu Aplikasi Program Interaktif, mahasiswa dapat merancang aplikasi berbasis android, OOP dan lain sebagainya.

Pada Sesi tanya jawab ada banyak pertanyaan-pertanyaan dari dosen sebagai peserta webinar terkait outline Tugas Akhir, beberapa pertanyaan sebagai berikut dari ibu Yuri yaitu perihal Analisa Laporan Keuangan apakah harus ditampilkan semua?,

kemudian pertanyaan dari ibu Nurvia perihal apakah perusahaan kontraktor dapat masuk ke pembahasan outline penerapan aplikasi akuntansi. Acara berlangsung dengan lancar dan tertib, sebelum acara ditutup moderator memberikan kesimpulan yaitu “Para dosen pembimbing mengarahkan mahasiswa agar dapat riset ke perusahaan yang membutuhkan aplikasi dan menggunakan kutipan jurnal dosen-dosen, maksud dari isi Tugas Akhir mahasiswa harus terjawab di bagian kesimpulan”. Dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (Masripah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.