PRODI HUMAS UBSI ADAKAN WEBINAR KIAT TEMBUS JURNAL INTERNASIONAL

0 75

JAKARTA BSI News

02 Februari 2021- Dalam rangka peningkatan kualitas penulisan artikel ilmiah dan menghidupkan budaya menulis di kalangan dosen, Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika gelar webinar dengan tema “Kiat Tembus Jurnal Internasional“.

Kegiatan yang sedianya diperuntukan bagi dosen di lingkungan Fakultas Komunikasi dan Bahasa menjadi salah satu kegiatan yang telah dirancang guna menggiatkan kembali gairah pertemuan ilmiah melalui kegiatan webinar.

Selaku pemateri webinar yakni Dr. Fifit Fitriansyah, S.Sos.I., M.Pd memaparkan bahwa seyogyanya untuk menembus jurnal internasional maka membutuhkan persiapan yang matang, serius dan konsisten dalam menjalaninya. Sebab, ini bukan hal yang mudah, namun bukan pula dikatakan sulit selama peneliti mau mencoba memulai menulisnya.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih jurnal internasional adalah kenali terlebih dahulu jurnal yang akan dituju dengan mempelajari secara cermat serta seringnya bergabung baik dalam wadah penulisan artikle ilmiah ataupun melalui forum conference. Tidak hanya sebagai pemenuhan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, memiliki artikel yang di publish di jurnal internasional akan menambah pengalaman serta kesempatan dalam mengembangkan tulisan yang lebih luas lagi.

Ita suryani, M.I.Kom selaku Ketua Program Studi menambahkan bahwa “kegiatan ini adalah sebagai wadah bagi dosen dalam melakukan sharing ilmu yang diharapkan dapat menambah wawasan serta semangat dosen dalam menulis artikel ilmiah khususnya di jurnal internasional”. Kegiatan yang ikuti kurang lebih 120 dosen ini berlangsung selama 2 jam yakni pukul 10.00 s/d 12.00 wib.

Dekan Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Dr. Baitunnisa, M.Pd memberikan pandangan bahwa “dengan adanya kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan dan kemampuan dosen dalam menulis artikel di jurnal internasional, tetapi dosen juga seharusnya mampu mempertanggungjawabkan apa yang ditulis dan dipublish nya dengan menghidari plagiarisme”.

Kegiatan ini mengundang antusiasme dosen sehingga diperoleh berbagai pertanyaan dan tanggapan. Saya berharap ke depannya, melalui kegiatan ini, saya menambah minat saya dalam menulis artikel di jurnal internasional hingga publish.. Aamiin,, Ujar salah seorang peserta webinar di akhir acara. (FFY).

Leave A Reply

Your email address will not be published.