“Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)”

0 162

JAKARTA BSI News

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide – ide atau gagasan yang kelak dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara. PKM yang merupakan salah satu program dari Dirjen Dikti (Belmawa) dibuat untuk meningkatkan kualitas peserta didik di Perguruan Tinggi.

PKM yang juga memiliki tujuan untuk meningkatkan iklim akademik yang kreatif, inovatif, dan memiliki manfaat bagi masyarakat luas dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

Terkadang ide yang ada kurang dapat tersalurkan karena beberapa sebab seperti kurangnya informasi mengenai alur pendaftaran, cara atau proses pengelolaan ide yang nantinya akan diwujudkan sebagai suatu karya berupa tulisan. Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika menghadapi kondisi yang demikian.

Untuk itu pada Kamis, 4 Februari 2021 Program studi Sistem Informasi kampus Kabupaten Banyumas mengadakan Sosialisasi mengenai Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) diperuntukan untuk mahasiswa UBSI kampus Kabupaten Banyumas semester 1 dan 3, sosialisasi PKM ditujukan agar mahasiswa dapat mengetahui apa itu PKM, beberapa syarat untuk bisa ikut PKM, beberapa jenis PKM dan masing-masing outlinenya, dan mekanisme penyusunan Proposal dan bagaimana alur pendaftaran proposal dari tingkat internal hingga mekanisme upload proposal di sistem simbelmawa DIKTI.

Materi sosialisasi ini disampaikan oleh Ibu Eva Argarini Pratama, M.Kom selaku Kaprodi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Banyumas dan Bapak Joko Dwi Mulyanto, M.Kom selaku staf Wakil Rektor II bidang Non Akademik Universitas Bina Sarana Infromatika, acara sosialisasi ini di moderator oleh Bapak Saifudin selaku staf Prodi Sistem Informasi Kampus Kabupaten Banyumas.

Sosialisasi PKM dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting mengingat situasi dan kondisi dimasa pandemi covid-19 sekarang ini. Kegiatan ini sangat membantu mahasiswa dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Diharapkan setelah adanya kegiatan ini akan muncul banyak ide-ide kreatif dari mahasiswa yang dapat tertuang dalam proposal pengajuan PKM dari beberapa jenis pilihan PKM yang ada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.