ERA PANDEMI MENJADI SEMANGAT MERAIH IPK 4.00

0 112

JAKARTA BSI News.

Hallo Sobat News, Kali ini Obrolan Seputar Program Studi Sistem Informasi (OPSI) menampilkan salah satu mahasiswi Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Sistem Informasi yang memiliki cerita tersendiri selama 3 semester berturut-turut.

Anggun Joanita lahir Pangkalpinang dan lulus tahun 2018  dari SMA negeri 4 Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung. Seperti kebanyakan pelajar lainya, Anggun juga mengalami kebingungan untuk memutuskan perguruan tinggi yang dipilih untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.  Tidak sedikit koleksi Anggun yang telah dikumpulkan seputar penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi. Namun, Anggun dan keluarga memutuskan Universitas Bina Sarana Informatika dengan Program Studi Sistem Informasi menjadi pilihannya.

Ketertarikan pada Program Studi Sistem Informasi, karena perkembangan serta penggunaan komputer sudah dipastikan dipergunakan disemua bidang. Lebih sepesifik Anggun menuturkan dengan memiliki ketrampilan komputer, peluang karir akan semakin baik. Tepatnya pada bulan September 2019, Anggun bersama-sama mahasiswa lainnya mulai masuk kuliah di Program Studi Sistem kampus Cengkareng. Latar belakang pendidikan SLTA tentu mata kuliah yang selama ini diperoleh Anggun dari semester I, II dan III merupakan produk akademik yang bisa dikatakan baru, seperti Logika & Alogoritma, Dasar Pemrograman, Metode Perancangan Program, Sistem Basis Data, Aplikasi Basis Data, Sistem Informasi Manajemen, Pemodelan Sistem Berbasi Objek, Sistem Operasi, Web Programming serta Entrepreneurship yang dikemas dengan Entrepreneur Fair.

Walaupun banyak mata kuliah yang sebelumnya tidak diperoleh di bangku SLTA, tidak membuat Anggun merasa semua itu menjadi hambatan. Anggun menuturkan, bahwa mindset yang ditanamkan oleh keluarganya bahwa pendidikan adalah nomor satu dalam hidup untuk menuju kesuksesan. Semangat Anngun tentu tidak lepas dari impian untuk menjadi dosen, dukungan dari keluarga, semangat dari teman-teman sekelas serta dosen menjadi senjata Anggun untuk menjalankan dengan cara yang terbaik sebagai mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. Hal ini telah dibuktikan Anggun dengan mendapatkan IPK 4.00 pada semester I dan II. Bahagai dan bangga bagi Anggun dan keluarga selama dua semester berturut-turut memperoleh IPK 4.00.

Masuk semester III, di mana perkuliahan tahun 2020 diwarnai dengan berbagai kebijakan dari pemerintah sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 yang dikenal dengan era pandemi. Perkuliahan yang biasanya dilakukan secara tatap muka, dialihkan secara daring, distribusi tugas juga dilakukan secara daring, tugas projek yang dikerjakan oleh masing-masing kelompok pada mata kuliah tertentu dipresentasi secara online. Bagi Anggun tugas utama adalah belajar, baik dilaksanakan secara tatap muka maupun daring mimpi untuk senantiasa melakukan yang terbaik harus tetap dijalankan.

Keaktifan mengikuti perkuliahan, rajin mengerjakan tugas, ujian tengah semester dan akhir semester dipersiapkan dengan maksimal, kata Anggun menjadi kunci utama untuk memperoleh nilai akademik yang terbaik. Alhamdulillah, walaupun perkuliahan dilaksanakan secara daring sebagai dukungan terhadap pencegahan Covid-19, Anggun dapat mempertahankan nilai akademik semester III dengan IPK 4.00. Namun, Anggun juga menyadari IPK 4.00 harus tetap diimbangi dengan ketrampilan baik hard maupun soft skill. Semoga dunia pendidikan kembali berjalan normal, sehingga mahasiswa dapat berkumpul kembali menjalankan rutinitas pendidikan secara offline. Salam Sukses Selalu untuk mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. (Sry)

Leave A Reply

Your email address will not be published.