KOMPETENSI MAHASISWA UBSI SEMESTER V TERNYATA DI AKUI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA

0 0

JAKARTA BSI News

OPSI atau Obrolan Seputar Program Studi Sistem Informasi kali ini tentang PKL atau Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan oleh rekan-rekan kita semester lima (V) dari Kampus UBSI Jatiwaringin yang terdiri dari tiga orang yaitu: Muhammad Adriyan Ichsan, Dertiana Ledia Simanjuntak dan Sarah Nurul Imani.  

Praktek Kerja Lapangan ini mereka lakukan di gedung Informasi Budaya dan Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Fokus PKL mereka adalah membuat sistem yang sudah terkomputerisasi untuk absensi berbasis web sesuai permasalahan yang disampaikan oleh mentor. Hal ini berkaitan dengan permasalahan yang sering muncul pada absensi yang selama ini masih dilakukan secara manual untuk mahasiswa atau pelajar yang melakukan praktek kerja lapangan.

PKL ini dilakukan selama satu bulan dari tanggal 21 Oktober 2020 sampai 20 November 2021 dengan hasil memuaskan. Memuaskan karena mahasiswa kita mampu menunjukan kompetensi atau kemampuannya di bidang sistem informasi dengan menciptakan solusi dengan membuat sistem absensi berbasis web, hal ini diakui oleh mentor sebagai pendamping mahasiswa selama PKL bahwa sistem absensi yang dibuat adalah solusi dari permasalahan yang dihadapi saat ini.

Sistem ini memudahkan bagi mahasiswa atau pelajar SMK untuk melakukan absensi secara terintegrasi meski berada pada beberapa gedung, artinya mereka tidak perlu harus datang ke gedung Informasi Budaya dan Wisata untuk melakukan absen yang cukup memakan waktu. Ini adalah Sistem absensi yang dibuat saat dipresentasikan menggunakan aplikasi zoom di Prodi Sistem Informasi dengan bapak Sriyadi (KaProdi SI), sebagai pembuktian hasil PKL selama di Taman Mini Indonesia Indah.

Usulan dari bapak Sriyadi adalah agar mereka tetap dalam satu kelompok didalam melanjutkan Tugas Akhir nanti dengan melanjutkan hasil PKL yang sudah ada, artinya tidak perlu untuk mencari judul untuk Tugas Akhir (TA) nanti tapi melanjutkan dari hasil PKL yang telah dilakukan saat ini dengan membuatkan manual book atau user guide dari web yang sudah dibuat. Semoga ini dapat menginspirasi kita semua khususnya rekan-rekan semester V (lima) bahwa PKL yang dibuat dan bermanfaat dapat dilanjutkan sebagai Tugas Akhir. (Fernando)

Leave A Reply

Your email address will not be published.