Mengenal Profesi System Analyst Pada Bidang Teknologi Informasi

1 7.997

JAKARTA, BSINews – Salah satu profesi yang dapat ditekuni oleh mahasiswa lulusan program studi (prodi) Sistem Informasi yaitu menjadi seorang analis sistem atau biasa di sebut system analist.

Seorang System Analist mempunyai tugas melakukan analisis sistem, merancang sistem kemudian diimplementasikan pada Perusahaan serta bertanggung jawab terhadap hasil yang ingin di capai oleh Perusahaan.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Bangun Bisnis Online

Aulia Rahmah  yang merupakan salah satu alumni Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik & Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), yang mulai meniti karier di tahun 2016 hingga saat menjadi seorang System Analyst pada Tribunnetwork–Kompas Gramedia Group.

Sebagai seorang System Analyst, Aulia melakukan beberapa pekerjaan seperti menganalisis sistem, mendesain sistem sesuai dengan kebutuhan perusahaan, melakukan quality assurance, membuat dokumentasi sistem aplikasi dengan menggunakan UML, ERP dan mock up, menyiapkan manual book sampai dengan memberikan training kepada user ke seluruh cabang perusahaan.

Aulia mengemukakan untuk meningkatkan kemampuan sebagai system analyst, dibutuhkan kemampuan hard skill dan soft skill yang mumpuni.

Baca Juga :OPSI Alasan kuliah di Program Studi Sistem Informasi

 “Sebagai seorang system analyst tentu dibutuhkan hard skill dan soft skill yang mumpuni beberapa hal seperti memiliki pola pikir kritis, kreativitas, berpikir logis, mampu memecahkan masalah, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, dapat bekerja sama dalam tim, bertanggung jawab terhadap pekerjaan serta selalu meng-upgrade kemampuan dan tidak pernah puas dengan apa yang sudah dipelajari,” tutup Aulia.(RDX)

1 Comment
  1. sekar kelana says

    Seiring banyaknya pemanfaatan teknologi digital, peluang kerja profesi system analyst terbuka lebar. BSI harus jadi pencetak system analyst handal!

Leave A Reply

Your email address will not be published.