PRODI ADMINISTRASI BISNIS MENGGELAR WORKSHOP MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK DOSEN PDPT

0 105

JAKARTA BSI News

Di masa pandemi Covid-19 saat ini tentu menjadi tantangan bagi para pendidik untuk tetap maksimal memberikan materi perkuliahan dengan kondisi jarak jauh. Tidak lagi bertatap muka, sistem pembelajaran telah bertransformasi menjadi kelas digital dengan memanfaatkan media teknologi seperti e-learning, aplikasi zoom, google classroom, google meet, whatsapp dan media sosial lainnya. 

Selain melakukan pengajaran melalui media pembelajaran daring tersebut, sejak semester genap kemarin pihak Universitas Bina Sarana Informatika khususnya Program Studi Administrasi Bisnis juga telah membuatkan video pembelajaran pada beberapa mata kuliah sebagai media tambahan materi untuk para mahasiswa. Metode pembelajaran melalui video pembelajaran ini dinilai lebih baik, dan dapat mengefektifkan serta memaksimalkan proses belajar mengajar, sehingga atas dasar tersebut Program Studi Administrasi Bisnis menginisiasi dilaksanakannya Workshop Membuat Video Pembelajaran untuk bapak/ibu Dosen yang tergabung dalam PDPT Prodi Administrasi Bisnis.

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Februari 2021 melalui media zoom meeting dengan menghadirkan Bapak Rian Septian Anwar, M.Kom sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Ibu Andi Putri Djohar Tenri Waru S.Ap. Diawali dengan sambutan oleh Bapak I Ketut Martana S.Sos, MM selaku Kaprodi Administrasi Bisnis yang berharap kegiatan ini menjadi bekal bagi para dosen untuk memperkaya dari materi yang ada sehingga nantinya materi perkuliahan kita bisa diterima dengan baik oleh mahasiswa.

Selain itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibu Dr. Ani Wijayanti, MM, M.Par juga memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Dalam sambutannya Ibu Ani mengapresiasi kegiatan ini dan menurut beliau ini merupakan salah satu bentuk kepedulian prodi untuk mendampingi para dosen supaya bisa mengembangkan keterampilannya agar lebih aktif dan kreatif. Ibu Ani juga berpesan dan mengingatkan kepada para peserta workshop dalam membuat video harus benar-benar memperhatikan originalitas, sumber dan referensi yang digunakan harus dicantumkan dan dijelaskan dari siapa agar terhindar dari plagiarism.

            Dihadiri sebanyak 49 Dosen, kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3,5 jam dan sangat interaktif, para peserta begitu antusias mengajukan beberapa pertanyaan yang kemudian dijawab langsung oleh narasumber. Kegiatan pelatihan ini menggunakan aplikasi ActivePresenter, menurut Pak Rian Septian Anwar, M.Kom selaku pemateri meskipun awalnya aplikasi ini difungsikan untuk membuat presentasi seperti halnya powerpoint namun fitur dari ActivePresenter ini lebih banyak.

Aplikasi ActivePresenter dinilai cocok untuk para pendidik yang ingin lebih memaksimalkan penyampaian materinya apalagi jika dibuatkan ke dalam bentuk video, hal ini dikarenakan terdapat fitur seperti screen recorder, video editor dan elearning authoring yang sangat mudah untuk digunakan bagi siapapun. Selain itu ActivePresenter juga bisa digunakan baik di windows maupun macos dengan versi terbaru yang rilis per januari tahun ini adapun hasil pengerjaan pembuatan video menggunakan aplikasi ini juga untuk ukurannya tidak terlalu berat dengan hasil yang bagus.

            Untuk membuat video pembelajaran yang baik dan memberikan penilaian yang bagus di mata mahasiswa menurut pemateri selain editing diperlukan juga modal awal penambahan perangkat tambahan seperti menggunakan clip on agar kualitas suara baik, pencahayaan dan kamera sebagai pendukung tampilan gambar jelas dan juga tentunya koneksi internet yang stabil.

Di akhir acara selain foto bersama para peserta juga diminta untuk mengirimkan hasil pelatihannya dalam membuat video pembelajaran sebagai bentuk keikutsertaan serta pemahaman materi yang disampaikan narasumber. PDT

Leave A Reply

Your email address will not be published.