Kuliah Sambil Bekerja Bukan Alasan Untuk Tidak Berprestasi

0 201

JAKARTA BSI News

Halo Sobat BSI News, kembali lagi dalam Obrolan Seputar Program Studi Sistem Informasi (OPSI). Pada kesempatan kali ini kita berbincang dengan seorang mahasiswi yang berprestasi, namanya Mira Amelia. Mahasiswi kelahiran Jakarta ini boleh dibilang sangat mandiri. Berawal ketika lulus sekolah, Mira biasa disapa, bekerja menjadi seorang pegawai di salah satu sekolah yang ada di daerah Bogor.

Saat menjadi pegawai di sekolah tersebut, muncul keinginan menjadi seorang guru. Sayangnya seiring berjalannya waktu dia mesti kembali ke Jakarta dan meninggalkan pekerjaannya disana untuk merawat orang tuanya. Beberapa kali berganti pekerjaan, akhirnya Mira menemukan pekerjaan yang cukup baik sehingga ia bisa mewujudkan keinginannya untuk melanjutkan studi. Prodi Sistem Informasi menjadi pilihannya, kesukaannya terhadap dunia programming menjadi salah satu alasan.

Mira cukup aktif dalam belajar dan memiliki keingintahuan yang cukup besar. “Biasanya saya banyak melihat referensi dari tutorial di youtube” ujar mahasiswi yang bercita-cita menjadi programmer ini. Selain itu, memilih teman yang sama-sama memiliki keingintahuan akan materi juga sangat berperan penting. Bersama teman-teman di kelompok belajarnya selain untuk mengerjakan tugas-tugas dari dosen, kelompok belajar ini juga menjadi sarana untuk saling berdiskusi. Bagi Mira, komunikasi menjadi salah satu hal penting. Maka ketika sudah buntu dalam melihat referensi ataupun tutorial, ia tidak segan untuk bertanya.

Pada akhirnya meskipun disibukkan dengan pekerjaan, Mira tetap mampu membagi waktu belajar. Alhasil dia meraih IPK sempurna 4 dengan nilai A disemua matakuliah. Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya, meskipun perkuliahan dilakukan secara online tetap tidak mengurangi esensi dari belajar. Kuncinya adalah mau untuk mencari referensi serta rajin berdiskusi. (AIY)

Leave A Reply

Your email address will not be published.